jump to navigation

1000 telur untuk anak sekolah dari Persagi Balangan April 11, 2013

Posted by gafuri46 in persagi balangan.
Tags: , , , ,
3 comments

Telur merupakan bahan pangan yang kaya akan zat gizi terutama protein. Telur selain mudah diolah dan mudah didapat, juga relatif terjangkau. Pada sebutir telur, terdapat berbagai zat gizi yang bermanfaat seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak yang baik untuk kesehatan.

“Aksi 1000 Telur untuk Anak Sekolah” merupakan kegiatan sosial yang dilakukan DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kabupaten Balangan dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional tahun 2013. Pada aksi ini, dibagikan 1000 telur pada anak sekolah di kabupaten Balangan. Telur yang dibagikan adalah telur bebek yang sudah direbus, bersama telur disertakan pula leaflet yang berisi informasi tentang nilai gizi sebutir telur dan pentingnya sarapan pagi.

Di Persagi Balangan, kegiatan ini pertama kali diprakarsai oleh Bapak Akhmad Rusydani, S.Gz yang merupakan wakil ketua DPD Persagi Kalsel sekaligus ketua DPC Persagi Kab. HSU. Sebelumnya, Aksi 1000 telur ini sudah dilakukan di kota Banjarmasin dan kota Amuntai. Di Balangan, kegiatan ini melibatkan seluruh anggota Persagi di kabupaten Balangan yang berjumlah 31 orang. Aksi Gerakan 1000 telur ini dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 11 april 2013 dan berlangsung dengan sukses. Pembagian telur dilakukan pada pagi hari dari jam 06.45 pagi sampai jam 8 pagi di dua titik yaitu bundaran kota Paringin dan didepan mesjid Batu Piring. Telur dibagikan ke anak-anak sekolah yang lewat maupun ke orang tua yang sedang mengantar anaknya ke sekolah. Dalam waktu kurang dari 2 jam, sejumlah 1000 telur yang ada habis dibagikan.

Aksi ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Balangan yaitu Bapak Humam Arifin, SKM M.Kes bersama ketua Persagi Balangan Ibu H. Mardiati, SKM.. Selain itu, wakil Ketua Persagi kalsel pun, Bapak Ahmad Rusydani, S.Gz turut hadir pada kegiatan ini. Dalam pelaksanaannya, Bapak-bapak Polisi lalu lintas pun turut membbantu kegiatan ini.

Banyak hal yang ingin disampaikan melalui kegiatan ini. Bagi para orang tua siswa kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya gizi bagi anak sekolah. Seperti kita ketahui, masih ada orang tua yang tidak menyiapkan sarapan pagi untuk anaknya. Padahal, sarapan pagi yang bergizi seimbang merupakan modal utama anak untuk dapat berkonsentrasi selama menerima pelajaran disekolah. Bagi siswa sekolah sendiri, kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan siswa mengenai gizi dan pentingnya sarapan pagi. Dengan adanya kesadaran akan pentingnya kesehatan diharapkan akan menjadi pemicu untuk perubahan perilaku kesehatan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

X-Ride, matic yang kayanya oke buat jalanan di pedesaan.. April 9, 2013

Posted by gafuri46 in R2.
Tags: ,
1 comment so far

Saat ini, pengguna motor matik bukan hanya masyarakat perkotaan, didesa yang aspalnya banyak lubang pun, jika beli motor kebanyakan yang dibeli adalah jenis otomatis ini. Mungkin karena simpel gak perlu oper gigi, makanya tipe ini lagi jadi primadona. Padahal kalo pernah pakai matik dijalan yang bergelombang, tahu sendiri lah gimana rasanya. Jalan 1 km rasa kayak jalan 5 km, tangan pegal, pinggang pegal, bahkan perut pun kadang sakit kalau pas melibas lubang, ya mungkin karena sok belakang yang cuma satu n ukuran velg yang cuma 14 inch.

Beberapa waktu lalu yamaha merilis matic baru nya yaitu yamaha x-ride, dengan slogan tangguh luar biasa. Jujur saya belum pernah lihat langsung nih motor, megang, ngelus, apalagi test ride. Tapi baca review dari blogger2 top kayaknya ni matic oke buat jalanan dipedesaan. Soalnya buat menapak dilereng merapi aja oke, apalagi cuma buat buat jalanan desa yang bergelombang, retak, n banyak lubang. Bagi saya yang bekerja dipedalaman n banyak melewati jalanan pedesaan yang berlubang, x-ride ini bikin ngiler, hehe.. Moga-moga nanti ada rezeki buat meminang nih motor ^-^

Tapi, meskipun katanya dual purpose, kalau buat adventure sih, apalagi buat masuk hutan yang becek, kayanya kalo pakai matic perlu dipikir ulang, seenak-enaknya matic yakinlah trail lebih enak, hehehe…

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

NIKMATNYA BUAH KALANGKALA Januari 5, 2013

Posted by gafuri46 in buah2an.
Tags:
3 comments

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang salah satu buah khas dari borneo yaitu buah kalangkala. Menurut sumber yg saya baca, nama latin buah ini adalah Latsea Sebifera. Kulit dari buah kalangkala ini untuk yang mentah berwarna hijau, sedangkan yang masak berwarna merah muda. Daging buahnya sendiri berwarna putih dengan biji bulat yang berwarna coklat.

Bagi sebagian masyarakat didaerah saya (kalsel), buah ini merupakan salah satu lauk favorit. Buah yang dijadikan lauk adalah buah yang sudah masak ataupun sudah cukup tua. Untuk yang sudah masak (berwarna merah muda) bisa langsung diolah menjadi lauk. Caranya cukup direndam dengan air panas selama satu jam, setelah itu tiriskan dan taburi sedikit garam, maka kalangkala siap disantap. Sedangkan untuk yang belum masak tapi cukup tua (berwarna hijau), biasa didiamkan dulu selama 1 atau 2 hari, dan ketika warnanya sudah sedikit kemerahan, tandanya buah ini sudah bisa diolah. Cara mengolahnya sama saja dengan yang masak yaitu direndam dengan air panas lalu ditaburi garam. Selain itu adapula yang menambahkan irisan bawang merah, bawang putih, atau pun irisan buah asam untuk menambah kelezatan lauk ini.

Untuk rasa, buah kalangkala yg sudah siap disantap ini rasanya manis, agak gurih, kalau kata orang sih mirip rasa alpukat. Tekstur daging buahnya sendiri lunak, sedangkan kulit buahnya agak keras namun tetap bisa dimakan. Kalangkala biasanya disajikan bersama nasi putih, bersama ikan asin akan semakin menambah nikmat sajian ini. Saya sendiri sangat menikmati setiap menyantap buah ini. Mungkin kalau kata pa bondan sih ‘mak nyus’, kalau kata kita ‘nyaman banaar’, heehee..

Last.. Jika anda jalan-jalan ke kalimantan jangan lupa mencoba buah yang satu ini. Tapi perlu diingat buah ini buah musiman, jadi hanya ada pada waktu tertentu. Semoga berguna..

OLAH RAGA BEKALI MINUM AIR KELAPA MUDA Januari 5, 2013

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: ,
2 comments

Banyak diantara kita ketika olah raga membawa bekal minuman sport drink ataupun energy drink padahal jika tahu lebih baik anda pilih Kelapa muda. Buah kelapa sangat mudah ditemukan di Indonesia apalagi daerah pedesaan, air kelapa sudah sangat terkenal menjadi minuman segar dan menyehatkan karena banyak mengandung elektrolit yang sangat diperlukan tubuh.
(lebih…)

COBA BACA MASIHKAH ANDA MALAS SARAPAN? Januari 3, 2013

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: ,
add a comment

Banyak yang berpendapat bahwa sarapan pagi tidak penting,merepotkan, bahkan tidak sarapan menjadi bagian program yang katanya untuk menurunkan berat badan. Jika anda salah seorang dari yang mempunyai pendapat tersebut baiklah coba baca dulu beberapa penelitian dari berbagai negara tentang sarapan alias makan pagi semoga pendapat anda jadi berubah.
(lebih…)

INGIN ANAK PRESTASI BELAJARNYA BAIK PASTIKAN TIAP PAGI SARAPAN(Gerakan Wajib Sarapan bagi Anak Sekolah) Januari 3, 2013

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: ,
add a comment

Saat ini anak-anak sekolah lagi liburan bertepatan dengan liburan tahun baru 2013 setelah pada minggu kemarin menerima rapor hasil belajar semester ganjil. Mungkin ada yang nilainya bagus-bagus tapi mungkin juga ada yang nilainya kurang bagus dan turun dari nilai semester sebelumnya. Coba kita evaluasi apakah selama ini tiap pagi sebelum sekolah anak kita selalu sarapan pagi? jika tidak maka mulai pagi ini dan mulai hari ini canangkan wajib sarapan pagi bagi anak kita apalagi ketika akan berangkat sekolah.
(lebih…)

TAMBAHAN REKOMENDASI PESAN GIZI SEIMBANG 2012 TENTANG FRUKTOSA Januari 3, 2013

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags:
add a comment

Dalam WNPG (Widya Karya Pangan dan Gizi) tahun 2012 mengusulkan beberapa rekomendasi untuk menyempurnakan Pesan Gizi Seimbang (PGS) dalam upaya mencegah berbagai masalaah gizi dan kesehatan. Salah satu rekomendasi pesan yang diusulkan adalah “Batasi gula terutama gula tambahan seperti makanan dan minuman padat fruktosa misalnya HFCS”.
(lebih…)

Hidup memang perjuangan.. Oktober 23, 2012

Posted by gafuri46 in R2.
Tags:
add a comment

Hidup kadang memang berat, apalagi jika beban yang dibawa memang berat..
Keep safety..

Honda Cs1 Ungu, mantaf ceeeesssss.. Juli 15, 2012

Posted by gafuri46 in R2.
Tags: , ,
5 comments

image

Salam Ceessss.. Nemu cs1 ungu nih, menurut ane cakep warnanya. Meskipun gak dimodif n cuma ganti warna, tapi warnanya yang ngejreng bikin sedap dipandang. Buat yang pengen cs1 nya tampil beda bisa buat acuan nih.. Btw nih motor katanya motor kencang yg sanggup melibas ninja 250, cbr 250, bahkan er-6 lho.. (kata si matius sih.. Ceeesssss..)

(lebih…)

Box gaya baru.. Juli 14, 2012

Posted by gafuri46 in R2.
Tags: ,
8 comments

image

Bagi penyuka turing, penggunaan box sepertinya menjadi suatu keharusan. Jauhnya jarak tempuh memang memerlukan ruang yang cukup untuk membawa barang-barang yang diperlukan selama perjalanan.

(lebih…)

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.