jump to navigation

Sertifikasi, Registrasi dan Lisensi untuk Legislasi Profesi Gizi Februari 16, 2012

Posted by gafuri46 in persagi balangan.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

image

Sekitar bulan Nopember 2012, ada seruan agar semua anggota profesi gizi di kabupaten tempat saya bekerja, mengumpulkan dan mengirim berkas untuk pembuatan Surat Tanda Registrasi (STR). Sekitar bulan Desember, baru saya ketahui ternyata profesi kesehatan lainnya pun (seperti perawat, bidan, dll) juga diminta melakukan hal yang sama. Seperti halnya saya, mungkin banyak teman-teman yang bertanya-tanya, apa sebenarnya maksud dan tujuan dari hal ini.

Ternyata, registrasi merupakan bagian dari legislasi profesi. Legislasi ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya liberalisasi perdagangan barang dan jasa, yang tentunya akan berdampak bagi pelayanan kesehatan. Termasuk dalam pelayanan ini sistem penyediaan layanan, kualitas pelayanan, sarana prasarana, tenaga, dsb.

Legislasi merupakan pembuatan suatu aturan/norma dalam suatu organisasi sebagai dasar hukum untuk melindungi anggotanya/profesi dari praktik keprofesian yang tidak berkualitas. Aturan/norma yang dibuat ini diantaranya adalah sertifikasi, registrasi, dan lisensi bagi profesi. Ketiga standar ini saling berhubungan satu sama lain. Berikut uraiannya.

1. Sertifikasi Ahli Gizi
Sertifikasi adalah proses penilaian dokumen tentang kemampuan pengetahuan, keterampilan maupun kompetensi yang dibuktikan dengan tanda kelulusan dalam kegiatan pendidikan.
Pendidikan dimaksud disini bisa formal maupun non formal. Pendidikan formal berupa pendidikan bidang gizi dari d3, d4, S1, dst. Sedangkan non formal berupa sertifikat latihan, seminar, dll.
Sertifikasi ini memiliki 2 mekanisme yaitu :
- Pertama sertifikasi untuk mendapatkan ijazah, baik didalam maupun luar negeri.
- Kedua sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat pendidikan formal maupun non formal. Kegiatan ini bisa berupa seminar, kongres, pelatihan, dsb.
Pengeluaran sertifikat ini hanya boleh diberikan oleh institusi yang telah terakreditasi oleh Persagi, KIGI, AIPGI.
So, menurut saya jika misalnya anda seorang lulusan D3 gizi, bisa dikatakan anda telah melewati tahap sertifikasi.

2. Registrasi ahli gizi.
Registrasi artinya pendaftaran. Ada 3 macam registrasi dalam profesi gizi.
Yang pertama registrasi keanggotaan, yaitu dengan mendaftar menjadi anggota Profesi gizi dalam hal ini Persagi.

image

Yang kedua registrasi kompetensi awal, registrasi ini dilakukan untuk memperoleh pengakuan kompetensi standar, sehingga memperoleh kewenangan dalam melakukan praktik pelayanan gizi. Sepertinya tahap inilah yang dilakukan bulan Desember lalu. Registrasi ini berlaku selama 5 tahun.
Yang ketiga registrasi kompetensi ulang, yaitu dilakukan setelah jangka 5 tahun registrasi pertama.

3. Lisensi Ahli Gizi
Lisensi disini merupakan proses administrasi yang dilakukan oleh pejabat berwenang/pemerintah atas rekomendasi organisasi profesi, berupa penerbitan Surat Ijin Praktik (SIP) bagi Nutrisionis-dietesien (N-D) yang sudah teregistrasi. SIP ini berlaku 5 tahun.
Jadi lisensi adalah pemberian ijin praktik, selama belum memiliki lisensi seorang N-D tidak diperkenankan melakukan pelayanan gizi/praktik gizi di sarana kesehatan.

Jelaslah sudah seperti apa legislasi ini, selain untuk meningkatkan mutu layanan, legislasi ini juga untuk melindungi masyarakat agar mendapatkan pelayanan gizi yang tepat.

Bagaimana dengan sertifikasi yang saat ini sedang hangat dibicarakan di dunia pendidikan? Menurut saya ini adalah hal yang berbeda meskipun tujuannya mungkin sama saja, yaitu untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam hal ini mutu pendidikan, namun yang lebih nyaring gaungnya pada sertifikasi pendidikan hanya pada gaji yang naik jika seorang guru tersertifikasi.

Sumber: etika dan profesi gizi

Di ulah di WordPress gasan Android

About these ads

Komentar»

1. gogo - Februari 16, 2012

bro untuk bs jadi ahli gizi, kudu ngenyam pendidikan brp thn…

gafuri46 - Februari 16, 2012

Untuk ahli gizi (sarjana gizi) sekitar 4,5 tahun. Sedangkan ahli madya gizi (d3) sekitar 3 tahun.
Tertarik kuliah di jurusan gizi bro?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: