jump to navigation

Hal yang perlu diketahui ibu menyusui Januari 10, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , ,
trackback

Seorang ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, untuk makanan, yang terbaik untuk bayi usia 0 sampai 6 bulan tentu saja ASI, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses menyusui berjalan lancer dan buah hati mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup.

Setiap ibu menyusui membutuhkan 300-500 kalori tambahan setiap hari untuk dapat menyusui bayinya dengan sukses. 300 kalori yang dibutuhkan oleh si bayi didapatkan dari lemak yang ditimbun selama kehamilan. Artinya seorang ibu menyusui tidak perlu makan berlebihan, tetapi cukup menjaga agar konsumsi gizinya seimbang.

image

Proses menyusui itu sendiri membantu ibu mengurangi berat badan dan menjadi langsing kembali. Tetapi, berdiet atau menahan lapar justru akan mengurangi produksi air susu ibu. Jumlah produksi ASI bergantung pada besarnya cadangan lemak yang tertimbun selama hamil dan menyusui. Rata-rata volume ASI wanita sekitar 700-800. ASI sebaiknya segera diberikan setelah bayi lahir, agar bayi terbiasa dengan air susu ibunya. Sebaliknya jika bayi tidak langsung disusui ibunya maka refleks bayi untuk mencari puting ibu akan berkurang sehingga bayi tidak dapat menyusu dengan sempurna.
Hubungan batin ibu dan bayi yang ditimbulkan oleh kontak kulit paling sensitive pada 12 jam pertama. Makin dini dan makin lama kontak bayi dengan ibu, makin banyaklah produksi ASI.
Terakhir yang juga penting tentunya adalah dukungan dari suami, keluarga, dan sahabat agar ibu dapat memberikan ASI dengan lancar. Semoga bermanfaat.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: