jump to navigation

Sekilas tentang B3, vitamin pencegah penyakit jantung.. Januari 10, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , ,
trackback

Vitamin B3 juga dikenal dengan istilah niasin. Vitamin ini berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemak, dan protein. Di dalam tubuh, vitamin B3 memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain, dan vertigo.

……..More

Niasin ditemukan oleh C.A. Elvehjem dan rekan‐rekannya pada tahun 1937. Niasin tergolong vitamin non esensial dan dapat dibuat oleh tubuh dengan mengubah triptofan sebagai bahan bakunya.

Sekitar tahun 1956, niasin mulai digunakan pertama kali untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung. Niasin berfungsi dengan baik untuk meningkatkan HDL, menurunkan kadar LDL dan trigliserida, namun penggunaan yang berlebihan dapat berakibat gagal hati yang hanya dapat diatasi dengan transplantasi.

Sifat dari niasin yaitu :

– Nicotinic Acid dan Niacinamide merupakan kristal putih, larut dalam air

– Stabil terhadap panas, cahaya, udara dan Alkali.

Sebagai koenzim dari NAD dan NADP, niasin berperan dalam reaksi metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Dengan enzim yang berbeda, niasin terlibat dalam 50 reaksi kimia yang berbeda untuk menghasilkan energi, metabolisme lemak, kolesterol, dan karbohidrat, serta pembuatan beberapa senyawa tubuh penting, seperti hormon seks dan adrenalin.

Dalam fungsinya tersebut, niasin juga vitamin penurun lemak yang mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, dan memperbaiki aliran darah pada kasus terjadinya penyumbatan pembuluh darah perifer

image

Niasin (asam nikotinat) dapat ditemukan dalam banyak makanan. Paling banyak terdapat pada hati, daging (ayam/sapi), telur, ikan, kacang‐kacangan, susu, dan avokad. Vitamin B3 termasuk salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani, seperti ragi, hati, ginjal, daging unggas, dan ikan. Akan tetapi, terdapat beberapa sumber pangan lainnya yang juga mengandung vitamin ini dalam kadar tinggi, antara lain gandum dan kentang manis.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: