jump to navigation

Lemak, haruskah dihindari? Januari 19, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , ,
trackback

image

Banyak orang menghindari lemak dengan berbagai alasan, misalnya takut gemuk. Padahal sebagai bahan makanan lemak mempunyai peranan yang penting bagi tubuh, diantaranya adalah:

(1). Kandungan kalorinya sangat tinggi.

Ya, 1gr lemak memiliki 9 kalori, bandingkan dengan karbohidrat dan protein yang tiap gramnya mengandung 4 kalori. Oleh karena itu sangat penting untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang mengerjakan tugas/pekerjaan fisik yang berat. Selain itu adanya lemak dalam bahan makanan dapat memberikan citarasa kelezatan yang lebih menarik.

(2). Kandungan asam lemak sangat penting,

Kandungan asam lemak sangat penting, yang disebut asam lemak esensial, karena dapat merupakan prekursor pembentukan hormon tertentu seperti prostaglandin. Selain itu juga sebagai penyusun membran yang sangat penting untuk berbagai tugas
metabolisme. Salah satu contoh asam lemak yang cukup terkenal diantaranya omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kecerdasan anak.

(3). Lemak juga dapat melarutkan berbagai vitamin,

Lemak dapat melarutkan berbagai vitamin yaitu vitamin A, D, E dan K. Oleh karena itu mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung lemak akan menjamin penyediaan vitamin-vitamin tersebut untuk keperluan tubuh.

(4). Lemak dalam tubuh mempunyai peranan yang penting,

Karena lemak cadangan yang ada yang ada dalam tubuh dapat melindungi berbagai organ yang penting, seperti ginjal, hati dan sebagainya, tidak saja sebagai isolator, tetapi juga kerusakan fisik yang mungkin terjadi pada waktu kecelakaan.

So, makanan yang mengandung lemak bukan untuk dijauhi, karena sangat bermanfaat asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Sumber lemak yang dianjurkan adalah lemak tidak jenuh, misalnya dari minyak zaitun, dll.

Untuk kebutuhan normal, konsumsi lemak yang dianjurkan adalah 20% s/d 25% dari total kebutuhan kalori, jadi misalnya kebutuhan kalori anda perhari 2000 kalori, maka 400 kalori bisa dipenuhi dari lemak. 400 kalori berarti sama dengan 44,4 gram lemak.

Untuk lebih jelas dalam perhitungan ini anda bisa menghubungi dokter atau ahli gizi.

Semoga bermanfaat..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: