jump to navigation

Susu dan kegemukan pada anak.. Januari 19, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , ,
trackback

image

Tentu kita masih ingat dengan slogan 4 sehat 5 sempurna, yup saat itu menu yang disajikan bisa dikatakan sempurna jika ada susu dalam sajian menu.

Namun sekarang sudah berubah, susu memang bukanlah makanan yang sempurna atau juga makanan penyempurna. Karena yang terbaik bagi kita adalah mengkonsumsi aneka ragam makanan secara seimbang.

Namun, terlepas dari itu, susu merupakan salah satu makanan yang baik dengan mutu gizi yang tinggi. Susu merupakan sumber kalsium, vitamin A, protein dan riboflavin.

Sekarang ini banyak ibu-ibu yang beranggapan bahwa anak gemuk adalah anak yang sehat, sehingga mereka melakukan berbagai cara agar anaknya gemuk, salah satunya adalah dengan banyak memberi susu.

Minum susu secara berlebihan memang bisa membuat anak gemuk, karena susu banyak mengandung lemak. Namun gemuk bukanlah gambaran bahwa anak sehat.

Gemuk merupakan gambaran ketidakseimbangan gizi yaitu antara zat gizi yang diperlukan dan zat gizi yang masuk, hal ini bisa terlihat pada lemak yang menumpuk ditubuh. Gemuk merupakan faktor resiko penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selain itu anak yang gemuk kemungkinan akan sulit menurunkan berat badannya saat dewasa nanti, hal ini nantinya juga dapat mempengaruhi perkembangan mental dari anak tersebut.

So, berikan susu pada anak anda sesuai takarannya untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tulangnya, asam lemak untuk kecerdasannya, vitamin untuk daya tahannya, dan protein untuk membangun tubuhnya. Selain itu berikan juga aneka ragam makanan lain untuk memenuhi kebutuhan gizi anak anda. Karena tidak ada satu makanan yang lengkap mengandung semua zat gizi.

Jadi, buat ibu2 yang mendambakan anak gemuk, mari kita ubah cara pandang tersebut. Karena yang dibutuhkan bukanlah generasi yang gemuk, tapi generasi penerus yang sehat dan cerdas.

Semoga bermanfaat..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: