jump to navigation

Apam barabai, camilan khas kota barabai kalsel Januari 25, 2012

Posted by gafuri46 in Uncategorized.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Barabai merupakan ibukota dari kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Ada banyak makanan khas dikota ini, salah satunya yang biasa dijadikan oleh2 adalah apam barabai.

Apam barabai adalah kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih, dan tape singkong. Makanan ini bentuknya bulat dan tipis, berwarna merah kecoklatan atau putih. Teksturnya sangat lembut, sehingga enak dilidah.

Yang berwarna merah kecoklatan, gula yang digunakan adalah gula merah, sehingga rasanya sangat khas, gurih dan manis, aromanya pun memiliki aroma yang kuat dari gula aren. Yang warna putih pun tak kalah enak, rasanya juga manis, orang yang kurang suka aroma dan rasa gula merah bisa memilih apam yang putih ini.

Apam ini banyak dijual dipasar barabai, terutama dimuka terminal barabai, biasanya apam ini dibungkus dengan daun pisang. Satu bungsus isinya biasanya 8-10 lapis apam, harganya hanya Rp. 5000,-/bungkus. Untuk oleh-oleh, makanan ini bisa tahan sampai 3 hari, tergantung suhu penyimpanan.

Jika anda jalan2 kekota barabai atau melewati kota barabai, jangan lupa mampir untuk membeli oleh2 ataupun mencoba makanan khas ini.

Komentar»

1. utuh banjar - Januari 25, 2012

katuju banar ulun wadae nang ini mank’ae..

gafuri46 - Januari 27, 2012

Sama, kdd samaannya dilain

2. dagger - Januari 26, 2012

Maknyooooos!
Mudah2an cita2 ane buat wisata kuliner k seluruh indonesia bisa kecapai. Aamiin

3. suzynex - Januari 26, 2012

nyaman bnr apam itu dingsanak ay, tp bepilih dl pang mun hndk menukar di pasar apam situ…, salah pilih bisa kecewa. …dikira rasa apam barabai ky itu ja

gafuri46 - Januari 27, 2012

Bujur banar, sasalah tatukar nang lawas, harau kd nyaman am.

suzynex - Januari 27, 2012

bisa jua tetukar nang lawas.., tp yg hanyar gin kalihatan mana nang nymn mn nang kada…mun warnanya pina kalas…agak kuning lah..biasanya kd tp nymn..tp mun kuning kecoklatan insyaallah nymn..gula habangnya asli bujuran terasa mangitnya…hehe, maaf kl ad yg ga ngerti kalimat/kata2nya…ini bahasanya org banjar…(suku asli kalimantan selatan)

gafuri46 - Januari 29, 2012

He eh, nang nyaman wehini di simpang 4 dimuka wrg makan Yuyun, biasanya hyr dsana n rasanya nyaman jua..

4. warung DOHC - Januari 27, 2012

wah dari penampakannya nampak legit gurih mas bro :mrgreen:

kalo di jawa ini namanya Apem , tapi bentuknya bundar pipih tidak di gulung

gafuri46 - Januari 27, 2012

Yup memang gurih bro.. Btw salam kenal, tengkyu sudah berkunjung bro..

5. gafuri46 - Januari 27, 2012

@dagger : amin.. pengen juga sih keliling nusantara.. tp untk sementara lihat di tv aja, hehe..

6. vixy182 - Januari 28, 2012

oleh2 yg biasax ku bw bulik ke plhri ne bila hbs ke brabai…:mrgreen:

gafuri46 - Januari 29, 2012

Gasan harim pang napa biasa dibawakan, gumbili plaihari kah, hehe

7. qozier - Maret 9, 2012

berapa sabungkus pamannnn?

gafuri46 - Maret 11, 2012

Apam kayapa handak, lain bungkus lain harga cil ai,hihi

8. pasifo98 - November 19, 2012

Reblogged this on amrillmartapuraa and commented:
Add your thoughts here… (optional)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: