jump to navigation

Prestasi Anak Jeblok? Baca ini..!! Februari 27, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , , , ,
2 comments
image

aktifitas anak disekolah

Anemia gizi besi merupakan salah satu masalah gizi yang berdampak besar terhadap produktifitas seseorang. Jika terjadi pada anak sekolah, anemia gizi besi dapat menyebabkan menurunnya prestasi anak disekolah.

(lebih…)

Iklan

Cerita Kakek Tua dan ASI Februari 26, 2012

Posted by gafuri46 in umum.
Tags: , ,
2 comments

Saya dapat cerita ini dari istri saya, kebetulan yang mengalami satu tempat kerja dengan istri saya. Ini bukan cerita porno loh ya, n mudahan cerita ini ada manfaatnya.

(lebih…)

Bad news versi saya.. Februari 25, 2012

Posted by gafuri46 in umum.
Tags: , , ,
2 comments

image

Saat ini televisi berita hampir setiap hari selalu menyajikan berita-berita buruk, mulai dari korupsi yang semakin menjadi, kekerasan, penculikan, pembunuhan, dll. Namun dari berbagai pemberitaan yang saya lihat di TV, ada satu berita yang menurut saya ‘benar-benar’ bad news. Yaitu harga premium bakal naik.

(lebih…)

Memilih Makanan untuk Penderita Asam Urat. Februari 23, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , , , ,
add a comment

Salah satu penyakit yang banyak diderita orang dewasa dan lansia saat ini adalah penyakit asam urat atau gout artritis. Banyak penderita penyakit ini yang bingung memilih makanan karena kurangnya pengetahuan dan informasi.

(lebih…)

Negeri orang-orang Pendek ??? Februari 23, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , , ,
3 comments

Mungkin banyak yang tidak tahu, kita memiliki sebuah ‘prestasi’ ditingkat dunia. Bukan prestasi membanggakan karena ternyata kita menduduki peringkat 5 negara dengan balita pendek terbanyak.

(lebih…)

Pengalaman bersama Yamaha YT115 Februari 19, 2012

Posted by gafuri46 in gizi, R2.
Tags: , ,
9 comments

Bulan februari 2006, saya diberi amanah memegang motor dinas yamaha YT115 untuk menunjang aktivitas saya dalam bekerja. Pada waktu pengambilan motor dinas sebenarnya ada motor dinas lain yang lebih kencang yaitu yamaha RX King, namun kondisi medan kerja yang sangat eksrim waktu itu memang lebih tepat jika motor yang digunakan adalah YT115.

image

Yamaha YT115 sepertinya basiknya berasal dari RX Spesial, namun suspensi depan diganti dengan suspensi yang lebih panjang, selain itu ban yang digunakan juga ban trail, beserta spatbor depan yang juga sesuai dengan medan lumpur. 

Wilayah tempat saya bekerja sebagian besar adalah daerah pegunungan dan hutan karet, disini rumah2 penduduk sebagian berjauhan dan terpisah oleh hutan karet, pada musim hujan jalanan sangat licin dan berlumpur. Disini kemampuan motor ini benar-benar diuji. Meskipun jalan becek, motor ini tetap dipakai boncengan dan bawa barang yaitu tas obat dan tempat vaksin. Selain itu ditambah juga membawa biskuit mp-asi. Sudah sangat sering motor ini jatuh karena jalan licin, menempuh kubangan lumpur pun sudah tak terhitung lagi.

image

macam kondisi medan yang ditempuh

Ukuran lingkar roda belakang 18″ dan depan 19″, ban belakang ukuran 3.00 dan depan 2.75. Menjadikan motor ini enak dipakai buat melintas di medan sulit. Selain itu salah satu yang saya suka dari motor ini adalah suspensi yang empuk dan busa jok yang tebal. Tarikan motor ini juga ringan, untuk tanjakan-tanjakan yang ada diwilayah kerja hampir tidak pernah ada masalah berarti.

Diantara berbagai kenyamanan, ada beberapa kekurangan motor ini menurut saya. Yang pertama rem depan yang masih tromol. Kedua motor ini gak punya elektrik starter, jadi mesti olahraga kaki tiap ngidupin nih motor. Berikutnya motor ini tidak punya indikator bensin, nah lo susah kan? Tiap mau jalan agak jauh mesti buka tangki dulu buat ngecek. Hal lain yang cukup mengganggu adalah tali kopling yang cukup sering putus.

Setelah 6 tahun pakai motor ini rasanya gak banyak berubah, yang paling terasa adalah suspensi yang sudah mulai keras dan tarikan yang tak segarang dulu. Selain itu konsumsi bensinnya sekarang juga semakin boros.

image

mejeng dijalan yang sudah beraspal

Tapi sekarang kondisi medan yang ditempuh juga sudah tak seekstrim dulu, sebagian jalan yang dulu sangat sulit dilalui sekarang sudah pengerasan, sebagian lagi sudah diaspal, tinggal beberapa titik yang masih sulit. At all, setelah 6 tahun pakai nih motor, ternyata motor ini memang tepat buat daerah pegunungan seperti wilayah kerja saya. 

Di ulah di WordPress gasan Android

Bulan Februari, bulan Vitamin A bagi balita anda.. Februari 19, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , ,
3 comments
image

pemberian vit. A di TK

Setiap bulan Februari dan Agustus, diposyandu dibagikan vitamin A untuk anak balita. Sasaran program ini adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. Ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 sd 59 bulan.

image

Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini memiliki berbagai peran bagi tubuh diantaranya pertumbuhan badan, penglihatan, diferensiasi sel, pertumbuhan dan perkembangan janin dan plasenta, dll. Vitamin A adalah  komponen sentral pada berbagai struktur mata untuk penglihatan yang sehat. Dalam tubuh, vitamin A disimpan dihati.

Angka kecukupan vitamin ini untuk balita usia 6 bulan sd 59 bulan adalah 400 – 450 RE. Dalam makanan vitamin A mempunyai 2 bentuk yaitu vitamin A (retinol) yang terdapat pada sumber hewani antara lain hati, kuning telur, minyak ikan dan susu. Sedangkan bentuk satunya adalah karoten (pro vitamin A) yang terdapat pada sumber nabati antara lain dari sayuran yang berwarna hijau tua (daun singkong, bayam, kacang panjang, dll), buah dan umbi berwarna kuning jingga (pepaya, wortel, tomat, mangga, dll).

Perlu diperhatikan dalam memproses makanan yang mengandung vitamin A, bahwa vitamin A mudah rusak jika terkena suhu tinggi. Selain itu, untuk ibu hamil, penggunaan vitamin A dosis tinggi (suplemen) harus melalui konsultasi dengan dokter, karena bisa meningkatkan resiko kelainan pada janin.

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa pada program bulan februari dan agustus ini, suplemen vitamin A ini hanya diberikan pada balita usia 6 sd 59 bulan saja? Hal ini karena fase ini merupakan fase penting yang menentukan masa depan anak. Kekurangan zat gizi pada fase ini dapat menghambat pertumbuhan anak. 
Bagaimana dengan yang usianya dibawah 6 bulan? Jika bayi mendapat ASI eksklusif, dia sudah mendapatkan vitamin A yang cukup dari ASI.
Dan mengapa diberikan cuma 6 bulan sekali? Karena vitamin ini bisa disimpan oleh tubuh, sehingga pemberian vitamin A dosis tinggi ini sekali dalam 6 bulan cukup untuk pencegahan defisiensi.

Kekurangan tahap awal dari vitamin ini adalah adaptasi yang lambat terhadap sinar, diikuti buta senja, xeroftlamia, keratomalasia (luka pada kornea) dan kebutaan.

image

Selain itu kekurangan vitamin A juga dapat menghambat pertumbuhan tulang, terbentuknya kerusakan gigi dan terhentinya pertumbuhan sel-sel pembentuk gigi.

Tentu kita tak ingin ini terjadi bukan? Apalagi pada balita kita. So, sudahkah balita anda dapat vitamin A bulan ini..?

Kalau belum, segera bawa ke posyandu terdekat.. Oke..

Sumber : Kamus Gizi, Gizi anak sekolah

Di ulah di WordPress gasan Android

Jika Vixion jadi supermoto.. Februari 19, 2012

Posted by gafuri46 in R2.
Tags: , , ,
3 comments

Gimana ya tampilan yamaha vixion jika di sotosop jadi supermoto? Temen kantor ane bro indra pradhita iseng ngedit di sotosop, dan inilah hasilnya :
image

Keren juga ya? Biar pun editannya masih newbie, tapi yah lumayanlah. Motor terlihat beda dan lebih garang.

Tapi

(lebih…)

Milih Motor Matik buat ibu, diantara banyak pilihan… Februari 18, 2012

Posted by gafuri46 in R2.
Tags: , , , ,
10 comments

image

Kemarin ibu saya minta tolong buat memilihkan dan beli motor buat dia pakai sehari-hari. Kriterianya tentu yang pertama irit, nyaman, jenis matik n harganya gak perlu yang mahal, terus kalau bisa merk H (nah lo ibu saya fansmom H juga ternyata, hehe..)

Sebenarnya gak gitu juga sih, beliau sebelumnya pakai S Smash. Tapi melihat ramai orang pakai metik, beliau jadi pengen juga, biar gak repot pindah gigi katanya.

Terus kenapa gak merk Y? Kan si Y matiknya keren? Saya pribadi sih suka modelnya mio fino, tapi pas saya perlihatkan gambarnya beliau menolak, ya ga papa sih soalnya meski beliau mau pun barangnya juga belum ada, kalau sudah ada pun yakin dah pasti inden, hehehe..

Gimana denga S Nex, scoopy? Sama juga beliau gak suka. Lalu Xeon, Vartech? Ya kemahalan lah, kan beliau cari yang murah aja. Mio j? Juga belum ada. Soul? Gak lah, tar nyesel pas liat yang baru, si Soul GT.

Akhirnya pilihan tinggal beat ama spacy. Ya udah besoknya langsung ke dealer di kota barabai. Di dealer yang saya datangi kedua tipe yang diincar memang ada. Beat ada yang warna pink n biru, spacy ada hijau, putih n merah untuk tipe injeksi, dan ada hitam, hijau, dan putih untuk tipe karbu. Langsung dah tanya-tanya. Harga beat n spacy karbu sama yaitu Rp. 13.146.000,-. Sedangkan spacy injeksi lebih mahal 300rb.

Karena ibu saya pengennya kredit, ditanya deh berapa aja cicilan n uang mukanya (disingkat UM ya). Disini yang menarik bro, ternyata meski harga sama, untuk jumlah bulan yang sama (misalnya 24 bulan), UM beat lebih tinggi dari spacy. UM beat terendah Rp. 1.100.000,- sedangkan spacy cuma 850rb.
Cicilannya juga gitu bro, cicilan beat lebih tinggi perbulannya dibanding spacy, selisihnya untuk kredit 24 bulan sekitar 17rb/bln lho.
Gak cukup sampai disitu, untuk spacy ada diskon UM 500rb, jadi misalnya kalau pilih UM 2jt, kita cukup bayar 1,5jt.
Masih ada tambahan, karena masih suasana valentine (kata salesnya) jika kita ambil kredit yang 3 tahun, cicilan bulanan dipotong 45rb perbulan, jd misalnya cicilan 500rb, kita cukup byr 455rb/bln selama 36 bulan. Sedangkan beat? Gak ada diskon2an, hehe..

image

perbandingan kreditnya nih

Memang sih biar banyak diskon, dihitung gimanapun juga yang namanya kredit, leasing pasti tetap untung banyak. Tapi ya lumayan lah ada diskon, daripada gak ada sama sekali.

Setelah dipikir-pikir, ya udah ambil spacy injeksi aja, saya pilih yang warna hijau. Meski lebih mahal 300rb, biaya kredit motor ini tetep lebih hemat dibanding beat, mana dapet diskon UM lagi. Trus saya rasa motor ini sudah memenuhi kriteria ibu saya yaitu irit dan gak mahal, fungsional pula dengan bagasi yang besar. Safety juga dengan side stand switch dan rem parkir. Juga dilengkapi tutup pengaman kunci yang menutup otomatis jika motor dikunci. Selain itu teknologi matik ini dengan PGM-Fi step 4, pastinya teknologinya diatas beat kan? Masa bayar lebih mahal untuk teknologi yang lebih lama, ya ngga?

image

Setelah deal selesai, saya sendiri yang bawa nih motor dari dealer, sekalian first ride lah, hehe.. Ternyata motor ini enak juga (ya iyalah, baru getoh), tarikan enteng, menurut saya lebih enteng dari vario malah, padahal bodynya lebih besar. Saya membandingkan dengan vario karena saya punyanya vario.

Suspensi juga empuk, cuman jok kayanya kurang empuk deh. Tangki bensin juga gede, diisi 2 liter baru naik separo jarum fuel meternya, kalo beat udah hampir full tuh kayanya. Starternya halus, gak kaya vario. Suara knalpot juga halus. Trus dipakai melewati gundukan deket rumah juga gak mentok, padahal biasa pakai vario mentok dikit.

image

sudah dites drive sama ibu nih,hehe

At all, nih metik cukup lah buat aktivitas ibu sehari-hari. Cuman dipakai jarak dekat ko, sekitar 8 km/hari. Moga-moga servis n biaya perawatannya nanti gak mahal.

Di ulah di WordPress gasan Android

Sertifikasi, Registrasi dan Lisensi untuk Legislasi Profesi Gizi Februari 16, 2012

Posted by gafuri46 in persagi balangan.
Tags: , , , , , , , ,
2 comments

image

Sekitar bulan Nopember 2012, ada seruan agar semua anggota profesi gizi di kabupaten tempat saya bekerja, mengumpulkan dan mengirim berkas untuk pembuatan Surat Tanda Registrasi (STR). Sekitar bulan Desember, baru saya ketahui ternyata profesi kesehatan lainnya pun (seperti perawat, bidan, dll) juga diminta melakukan hal yang sama. Seperti halnya saya, mungkin banyak teman-teman yang bertanya-tanya, apa sebenarnya maksud dan tujuan dari hal ini.

Ternyata, registrasi merupakan bagian dari legislasi profesi. Legislasi ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya liberalisasi perdagangan barang dan jasa, yang tentunya akan berdampak bagi pelayanan kesehatan. Termasuk dalam pelayanan ini sistem penyediaan layanan, kualitas pelayanan, sarana prasarana, tenaga, dsb.

Legislasi merupakan pembuatan suatu aturan/norma dalam suatu organisasi sebagai dasar hukum untuk melindungi anggotanya/profesi dari praktik keprofesian yang tidak berkualitas. Aturan/norma yang dibuat ini diantaranya adalah sertifikasi, registrasi, dan lisensi bagi profesi. Ketiga standar ini saling berhubungan satu sama lain. Berikut uraiannya.

1. Sertifikasi Ahli Gizi
Sertifikasi adalah proses penilaian dokumen tentang kemampuan pengetahuan, keterampilan maupun kompetensi yang dibuktikan dengan tanda kelulusan dalam kegiatan pendidikan.
Pendidikan dimaksud disini bisa formal maupun non formal. Pendidikan formal berupa pendidikan bidang gizi dari d3, d4, S1, dst. Sedangkan non formal berupa sertifikat latihan, seminar, dll.
Sertifikasi ini memiliki 2 mekanisme yaitu :
– Pertama sertifikasi untuk mendapatkan ijazah, baik didalam maupun luar negeri.
– Kedua sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat pendidikan formal maupun non formal. Kegiatan ini bisa berupa seminar, kongres, pelatihan, dsb.
Pengeluaran sertifikat ini hanya boleh diberikan oleh institusi yang telah terakreditasi oleh Persagi, KIGI, AIPGI.
So, menurut saya jika misalnya anda seorang lulusan D3 gizi, bisa dikatakan anda telah melewati tahap sertifikasi.

2. Registrasi ahli gizi.
Registrasi artinya pendaftaran. Ada 3 macam registrasi dalam profesi gizi.
Yang pertama registrasi keanggotaan, yaitu dengan mendaftar menjadi anggota Profesi gizi dalam hal ini Persagi.

image

Yang kedua registrasi kompetensi awal, registrasi ini dilakukan untuk memperoleh pengakuan kompetensi standar, sehingga memperoleh kewenangan dalam melakukan praktik pelayanan gizi. Sepertinya tahap inilah yang dilakukan bulan Desember lalu. Registrasi ini berlaku selama 5 tahun.
Yang ketiga registrasi kompetensi ulang, yaitu dilakukan setelah jangka 5 tahun registrasi pertama.

3. Lisensi Ahli Gizi
Lisensi disini merupakan proses administrasi yang dilakukan oleh pejabat berwenang/pemerintah atas rekomendasi organisasi profesi, berupa penerbitan Surat Ijin Praktik (SIP) bagi Nutrisionis-dietesien (N-D) yang sudah teregistrasi. SIP ini berlaku 5 tahun.
Jadi lisensi adalah pemberian ijin praktik, selama belum memiliki lisensi seorang N-D tidak diperkenankan melakukan pelayanan gizi/praktik gizi di sarana kesehatan.

Jelaslah sudah seperti apa legislasi ini, selain untuk meningkatkan mutu layanan, legislasi ini juga untuk melindungi masyarakat agar mendapatkan pelayanan gizi yang tepat.

Bagaimana dengan sertifikasi yang saat ini sedang hangat dibicarakan di dunia pendidikan? Menurut saya ini adalah hal yang berbeda meskipun tujuannya mungkin sama saja, yaitu untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam hal ini mutu pendidikan, namun yang lebih nyaring gaungnya pada sertifikasi pendidikan hanya pada gaji yang naik jika seorang guru tersertifikasi.

Sumber: etika dan profesi gizi

Di ulah di WordPress gasan Android