jump to navigation

Pedoman gizi seimbang, pengganti slogan 4 sehat 5 sempurna (part 3 -habis) Februari 2, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , ,
trackback

image

Dari 2 artikel sebelumnya sudah diketahui 3 dari 4 prinsip gizi seimbang yaitu makan aneka ragam, pola hidup bersih, dan aktifitas fisik/olahraga. Selanjutnya akan dipaparkan prinsip yg keempat yaitu memantau/mempertahankan Berat Badan ideal.

4. Pentingnya Berat Badan Ideal
Berat Badan(BB) merupakan tolak ukur keseimbangan antara jumlah makanan yang masuk dan kebutuhan tubuh. Jika makanan yang masuk berlebihan tapi aktifitas biasa saja tentu energi yang berlebih dari makanan oleh tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak, yang lama kelamaan akan menumpuk dan bisa mengakibatkan kegemukan. Demikian pula sebaliknya jika yang dimakan sedikit dan energi yang diperlukan banyak, tubuh akan memecah jaringan lemak dan bahkan protein tubuh jika hal ini berlangsung lama. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi kurus, yang tentunya juga tidak baik karena bisa rawan terhadap penyakit.

BB ideal adalah BB yang sesuai dengan tinggi badan. Untuk bayi dan balita cara mengetahui BB idealnya sangat mudah, cukup dengan datang ke posyandu dan mencatat hasil penimbangan di KMS atau buku KIA, disana bisa terlihat dipita mana BB anak anda berada. Namun hal ini harus dipantau secara teratur, karena anak yang sehat, tiap ditimbang BB nya harus naik, untuk mengetahui kenaikan BB minimal perbulan juga bisa dilihat di KMS dan buku KIA.

Untuk orang dewasa ideal tidaknya BB bisa diukur dengan rumus Indeks Masa Tubuh (IMT), rumusnya adalah BB (kg) / TB (m) kuadrat.

Jika nilai IMT anda kurang dari 17, maka anda temasuk kategori sangat kurus. Jika antara 17 sd 18,4 termasuk kurus.

Nilai normal IMT adalah antara 18,5 sd 24,9, pada nilai ini bisa dikatakan BB anda Ideal.

Selanjutnya jika antara 25 sd 26,9 maka dikategorikan kelebihan BB, jika antara 27 sd 28,9 maka sudah masuk kategori gemuk, dan jika lebih dari 29, maka anda termasuk sangat gemuk, yang tentunya sangat berisiko terhadap berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi dan jantung.

So, penting kan memantau BB ideal, apalagi untuk anak-anak. kadang kita tidak sadar ataupun tidak tahu bahwa ternyata anak kita kurang gizi bahkan kadang kegemukan.

Itulah keempat prinsip gizi seimbang, saya yakin kita semua sudah melakukannya meskipun belum semuanya. Untuk mencapai keseimbangan gizi dan kesehatan optimal, tentunya prinsip gizi seimbang bisa diaplikasikan dalam keseharian kita.

Untuk lebih jelas mengenai gizi seimbang, anda bisa membeli buku “SEHAT DAN BUGAR DENGAN GIZI SEIMBANG”. Buku disusun oleh pakar gizi Prof. Soekirman, Prof. dr Hamam Hadi, dll. Menurut saya buku ini sangat bagus dan info2 yang diberikan merupakan info2 terkini dibidang gizi dan kesehatan.
Buku ini tersedia di toko buku seperti Gramed dll.

Sumber : Sehat dan Bugar dengan Gizi Seimbang.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: