jump to navigation

Pentingnya tidur dimalam hari.. Februari 4, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , ,
trackback

image

Ada orang yang saat malam lebih suka bergadang dibanding tidur, baik itu nonton bola, dugem, atau pun sekedar nongkrong di kafe. Namun tahukah anda, tidur dimalam hari ternyata sangat penting bagi kesehatan?

Setelah beraktivitas seharian, terpapar bermacam radikal bebas, saat malam datang tibalah waktu untuk istirahat dan tidur. Disini, ternyata kegelapan malam merupakan tanda bagi tubuh untuk mulai memproduksi melatonin. Melatonin merupakan antioksidan terampuh yang pernah ditemukan. Melatonin dapat menangkal berbagai oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit seperti kanker, tumor, dll.

Melatonin adalah substansi yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal di pusat otak. Produksi melatonin ini diatur oleh siklus siang dan malam (biasa disebut irama sirkardian). Kadar melatonin tinggi pada malam hari dan rendah disiang hari. Saat kita mengantuk dimalam hari, itu merupakan tanda bahwa tubuh kita mulai memproduksi melatonin. Tidur teratur penting dalam menjaga produksi melatonin. Tidur teratur juga menjaga ritme tubuh agar selalu teratur.

Beberapa makanan juga dapat membantu produksi melatonin, yaitu makanan yg kaya asam amino triptopan seperti susu. Makanan sumber antioksidan seperti jeruk, tomat, mangga, nenas, sayuran hijau, dan lain lainnya juga dapat meningkatkan khasiat melatonin.

So, jangan terlalu sering bergadang ya, nanti melatoninnya sedikit. Jangan lupa matikan lampu, karena kegelapan merupakan pengatur utama produksi melatonin. Trus sebelum tidur juga jangan lupa minum susu dulu, hehe.. Tapi cukup susu yang rendah lemak ya.. Terakhir jangan lupa berdo’a..
N Selamat tidur.. Zzzzzzzz…

Sumber : Pangan dan gizi untuk kesehatan
Gambar nyomot di mbah gogel

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: