jump to navigation

Salah satu bahaya makan tidak aneka ragam… Februari 4, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Makan aneka ragam bahan makanan memang sangat penting, karena menjaga ketersediaan zat gizi yg dibutuhkan tubuh kita. Selain itu, makan makanan itu itu saja juga kadang berbahaya bagi kesehatan, meskipun makanan tersebut merupakan makanan bernilai gizi tinggi, dalam hal ini contohnya daging.

Daging merupakan sumber protein dan zat besi yang mudah diserap tubuh. Namun dalam proses pemasakannya daging dapat menghasilkan senyawa HCA yang berbahaya bagi kesehatan. HCA (amina-amina heterosiklis) merupakan senyawa yg dapat merangsang munculnya radikal bebas dan secara luas merusak DNA sel tubuh manusia. Radikal bebas merupakan elektron yg tidak berpasangan, agar bisa stabil ia mencari pasangan yang sebenarnya malah merusak sel.

Ada beberapa studi tentang bahaya konsumsi daging ini. Studi di Amerika menunjukan bahwa wanita yg sering makan daging merah (daging sapi, kambing, kerbau, dll) ternyata memiliki peluang 2x lipat menderita kanker payudara dibanding mereka yg hanya makan daging putih (unggas dan ikan). Studi lainnya menunjukan anak yg makan hotdog sekali atau lebih dalam seminggu berisiko 2x lipat menderita kanker otak dibanding yg tidak mengkonsumsinya.

Meskipun demikian, kita tidak perlu takut makan daging, asal tidak terlalu sering tentunya tidak masalah. Selain itu, cara memasak mempengaruhi jumlah HCA yg terbentuk. Semakin sedikit HCA tentunya semakin baik. Menggoreng, memanggang, menyate diatas api yg suhunya tinggi akan menghasilkan HCA yg banyak. Namun mengukus, masak dioven, dan merebus dengan panas bertahap tidak menghasilkan HCA.

Selain itu, konsumsi aneka makanan lain terutama sumber antioksidan seperti buah dan sayur juga sangat membantu mengatasi radikal bebas yg terbentuk. Sayur yang dimasak bersama daging, seperti tomat, wortel,dll  juga sangat baik tentunya. Membuang lemak pada daging juga sangat penting karena lemak daging merupakan sumber HCA.

So, makan aneka ragam itu baik kan untuk kesehatan? Kadang kita makan asal saja asal ada nasi dan lauk sudah langsung makan. Tentu sangat baik jika ada makanan lain sebagai pelengkap, tidak perlu mahal, yang penting bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi lain yang diperlukan tubuh. Dan terakhir, setelah baca artikel ini jangan takut makan daging ya! Asal tidak berlebihan sangat baik lho buat pertumbuhan dan kesehatan.

Selamat makan aneka ragam..  ^_^

Sumber : Pangan dan Gizi untuk kesehatan

Komentar»

1. vixy182 - Februari 5, 2012

kalo keseringan mkn telor gi mn🙂

2. gafuri46 - Februari 5, 2012

@vixy: klo kseringan mkn telor, telor kam bisa nambah, mau?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: