jump to navigation

Bulan mulud/maulid dan konsumsi lauk hewani.. Februari 6, 2012

Posted by gafuri46 in umum.
trackback

Bamulutan, itulah istilah yg digunakan masyarakat barabai, paringin, tanjung dan sekitarnya. Pada kegiatan/acara bamulutan ini dibacakan salawat dan puji2an untuk Nabi Besar Muhammad SAW.

imageKegiatan keagamaan ini diadakan pada bulan Rabiul Awal. Kegiatan ini dilakukan secara besar-besaran dan serentak secara bergantian selama satu bulan dan hampir setiap hari siang dan malam. Ditempat tinggal saya didaerah birayang kalsel, hampir setiap hari ada saja undangan bamulutan.

imageSelain itu, hal lain yang menarik pada bulan ini adalah sajian makanannya. Sebelum dimulai pembacaan salawat para undangan disajikan makanan berupa kue2 manis, dan setelah pembacaan selesai baru disajikan makanan utama berupa nasi dan lauk berupa gulai/kare daging atau ayam. Kemudian saat pulang undangan masih diberi bekal untuk anak istri dirumah berupa makanan yang biasanya dibungkus plastik.

image

Karena hampir setiap hari ada undangan untuk kegiatan ini, menyebabkan masyarakat lebih sering makan daging sapi dan ayam dibanding bulan-bulan lainnya. Ini menyebabkan tingginya konsumsi lauk hewani seperti daging, ayam, telur, dll. Karena setiap jamuan makan diacara bamulutan pasti disajikan menu2 tersebut.

Kebanyakan menu utama tadi disajikan dengan bentuk gulai yang tentunya bersantan kental dan berlemak. Hal ini sebenarnya cukup berbahaya bagi kesehatan, karena sangat jarang ada tuan rumah yang menyajikan sayur, apalagi buah. Konsumsi lauk hewani yang tinggi harus diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur yang cukup, agar tecapai keseimbangan gizi. Kebutuhan serat harus tetap tecukupi, karena selain mencegah konstipasi, serat juga membantu pengeluaran lemak dan kolesterol di dalam tubuh.

So, bagi anda yg sering keundangan bamulutan/maulid, jangan lupa siapkan sayur atau pun buah dirumah, jadi setelah makan-makan di acara maulid, pulangnya bisa makan buah untuk mencukupi kebutuhan serat.

Semoga bermanfaat..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: