jump to navigation

Agar Anak Suka Makan Sayur Februari 12, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , , , ,
trackback

image

Makan aneka ragam merupakan prinsip pertama dari pedoman gizi seimbang. Tidak hanya di negara kita, bahkan disemua negara makan aneka ragam merupakan pesan pertama dalam pedoman gizi seimbang. Hal ini menunjukan pentingnya makan aneka ragam. Termasuk dalam makan aneka ragam ini adalah dengan mengkonsumsi sayuran dan buah.

Bagi kebanyakan anak-anak, sayur merupakan makanan yang tidak mereka sukai. Padahal sayuran merupakan bahan makanan yang sangat kaya akan zat gizi, terutama vitamin dan mineral. Selain itu sayur juga merupakan salah satu sumber serat yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak anda suka sayuran :

1. Buat sayuran menjadi menarik minat anak, misalnya dengan menghias telur mata sapi dengan wortel yang berbentuk bunga, tumis kacang panjang yang berwarna warni(misalnya dengan tomat dan brokoli).

2. Selalu sajikan juga sayuran bersama makanan yang disukai anak-anak, seperti ayam goreng, bakso, dll.

3. Ajari anak anda makan sayuran sedini mungkin, setelah melewati masa ASI Eksklusif (usia lebih dari 6 bulan), mulailah memberi makanan pendamping ASI yang diberi sayuran, seperti bubur ayam dengan bayam dan wortel halus/cincang.

4. Memberi contoh yang baik, yaitu dengan juga sering mengkonsumsi sayuran, bagaimana anda berharap anak anda suka sayuran jika anda sendiri jarang makan sayur.

5. Untuk anak yang sudah besar/sekolah, beri mereka pengertian tentang manfaat sayuran untuk kesehatan dengan cara yang mudah mereka pahami, misalnya manfaat wortel untuk mencegah buta senja, manfaat tomat untuk mencegah kanker, dll.

6. Untuk anak yang selalu menolak sayuran, buatlah makanan dengan sayuran tersembunyi, seperti risoles, lumpia, martabak isi sayur, ataupun telur dadar isi sayuran.

7. Ketelatenan orang tua, ini lah yang terakhir dan terpenting. Karena memang bukan usaha yang mudah mengajari anak untuk suka sayuran. Namun jika ada kemauan, pasti ada jalan dan kemudahan.

Selamat makan sayuran..

Komentar»

1. Aa Ikhwan - Februari 13, 2012

ane termasuk yg susah makan …dan jg susah makan sayur dari kecil😀

2. gafuri46 - Februari 16, 2012

@Aa ikhwan: dicoba dulu bro, saya dulu juga cuma suka sayuran di sayur bening sama lalapan daun singkong, tapi sekarang hampir semua sayuran saya suka, apalagi ada sambel, mantap dah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: