jump to navigation

Mudahnya ngeblog dengan wordpress for Android Februari 16, 2012

Posted by gafuri46 in umum.
Tags: , , , ,
trackback

image

Beberapa bulan yang lalu saya beli Hape baru yaitu SE Experia Mini Pro. Hape ini merupakan HP yang memakai sistem operasi android. Android memiliki ribuan aplikasi gratis yang bisa di unduh di android market, salah satunya yang saya pakai memposting artikel ini yaitu wordpress untuk android.

WordPress for android adalah aplikasi gratis. Aplikasi yang saya gunakan adalah versi 2.0.2. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, bahkan oleh pemula seperti saya. Jujur saja sebelumnya saya belum pernah menulis diblog, memang saya pernah iseng coba bikin akun di wordpress, tapi baru setelah punya aplikasi ini saya menulis diblog.

Untuk ngeblog pertama-tama buka aplikasi wordpress yang sudah di unduh. Jika belum pernah punya akun pilih pilihan pertama yaitu ‘Start a new blog at worpress.com’. Selanjutnya anda isi saja kolom-kolom yang disediakan. Jika sudah punya akun silakan pilih pilihan kedua yaitu ‘Add blog hosted at worpress.com’.

Selanjutnya anda akan masuk ke halaman utama aplikasi ini yaitu : Tulisan Baru, Halaman Baru, Tulisan, Halaman, Komentar, Quick Photo, Quick Video, Setting, Read, dan Stats.

image

nih halaman utamanya

Untuk membuat tulisan/artikel baru, pilih saja Tulisan Baru/new post. Kolom paling atas adalah kolom judul dari artikel. Untuk isi artikel bisa ditulis dikolom kedua. Ketik saja apa yang ingin anda tuliskan, disini ada beberapa pilihan untuk efek tulisan seperti hurup tebal, miring dan garis bawah.
Juga ada link untuk menghubungkan artikel kita dengan artikel lainnya, caranya mudah cukup pilih link, isi alamat web tujuan dibagian atas, dan isi tulisan yang anda inginkan di kolom bawah (misalnya tulisan ‘disini’).
Selanjutnya ada more, ini digunakan untuk membuat batas tulisan, agar ditampilan menu di website lebih rapi, karena hanya bagian atas tulisan more yang terlihat, untuk membaca sepenuhnya atau memberi komentar, pembaca bisa mengklik ‘lanjutkan membaca’ atau ‘continue reading’. Akan tetapi, jika anda tidak ingin langsung mengirim/publish tulisan anda (karena belum selesai misalnya), sebaiknya jangan gunakan fitur ini, karena tulisan dibawah more bisa hilang semuanya.
Kemudian dipojok kanan bawah ada menu berlogo kamera, menu ini untuk memasukan gambar atau video ke tulisan anda. Anda bisa memilih mengambil gambar/video dari galeri atau diambil memakai kamera ponsel anda.

Jika sudah selesai menulis anda bisa pilih kembali/back. Lalu isi tags dan kategori. Tags digunakan untuk kata kunci (misalnya tags untuk tulisan ini bisa wordpress, android, mudah, belajar, tulisan, dll), sedangkan kategori agar tulisan anda lebih rapi karena terkelompok sesuai kategori (contohnya saya memasukan tulisan ini dikategori umum).
Selanjutnya anda bisa langsung mengirim artikel dengan memilih publish. Atau memilih draft/lokal draft untuk disimpan dan dikirim nanti saja. Selain itu ada juga pilihan untuk membuat format kiriman, untuk tulisan biasa seperti tulisan saya ini pilih saja standar.

Kalau sudah dipublish/kirim, anda bisa melihat dinotifikasi apakah postingan kita berhasil terkirim atau tidak, biasanya mengirim ini tidak lama, paling lama semenit lah.., tergantung koneksi dan konten tulisan juga sih.

Masih belum yakin apakah tulisan anda terkirim atau nggak? Buka saja browser anda dan masukan alamat blog anda, jika apa yang anda tulis sudah ada terpampang bearti anda berhasil, mudah kan..?

Untuk menu-menu lainnya anda bisa pelajari sendiri.
Ada halaman untuk melihat draft dan tulisan yang sudah dikirim, ada komentar untuk menerima atau menolak komentar, juga untuk mengomentari balik.
Selain itu juga ada stats untuk melihat jumlah pengunjung blog anda, maupun jumlah pembaca artikel anda.

image

nih gambar menu tulisan/post

Terakhir, gak ada gading yang gak marten retak, jika ada yang kurang tepat ataupun kesalahan dalam tulisan saya silahkan dikomentari/kritisi, soalnya saya juga masih pemula. Jika anda suka silahkan di like, di share di facebook atau twitter juga boleh,hehe..

Eee.. Belum punya aplikasinya..? Buruan di unduh..!!!

Gak punya hape android? Beli dong,hehehe…

Selamat ngeblog..

*gambar dicomot dari sini

Di ulah di WordPress gasan Android

Komentar»

gafuri46 - Februari 16, 2012

Makasih sudah mampir..

2. vixy182 - Februari 16, 2012

cair2…. duit spj hp hanyar nah…gkgkgk:mrgreen:

3. gafuri46 - Februari 16, 2012

vixy182: haha.. Tahu banar inya, lain spj ini, dapat duit lomba TPG semalam, lumayan tinggal mnambahi sdikit,hehe..

4. Ari CX Rider - Februari 16, 2012

nice inpo kang.
Sayang hapeku masih jadul.

gafuri46 - Februari 18, 2012

Haha.. Santai aja bro, buat symbian juga ada ko, klo ga salah namanya wordmobi.

5. Zul - Februari 16, 2012

Informasi yang bagus dan berguna neh….

gafuri46 - Februari 18, 2012

Sekalian belajar juga bro..

6. Taufik - Februari 17, 2012

udah diinstal bro

gafuri46 - Februari 18, 2012

Wah ada kang taufik, gak nyangka kedatangan bloger idola, tengkyu kang sudah mampir..

7. CEBOKER 250R HRC aka Hondut Racing - Februari 17, 2012

buat yg hapenya bkan android jgan kecewa …pke opera mini aja bisa ngeblog …

gafuri46 - Februari 18, 2012

Betul bro, kalau ada niat pakai opmin juga bisa..

8. Pipit Purwadi - Februari 18, 2012

Mas..saya punya samsung galaxy mini, baru-baru ini saya instal “wordpress for android” juga, tapi kesan saya sangat lain dengan kesan mas waktu menggunakan software ini. Saya malah merasa nulis pake program itu sangat ribet. Pertama, kursornya kadang suka pindah-pindah sendiri. Kedua, waktu masukin gambar, saya kesulitan waktu mau nerusin tulisan, karena seakan-akan gambar tersebut sudah “menutup” space untuk tulisan.

Saya tidak tahu mana yang ga beres, HP saya, programnya, ato saya yang ga bisa ngoperasiin …

trims mas…

gafuri46 - Februari 18, 2012

Kalau kursor di aplikasi wp saya gak pindah2, tapi kalau dimasukin foto memang agak susah soalnya kalau pas mau geser, solusinya fotonya terakhir aja dimasukin, kalau sudah selesai nulis baru fotonya dimasukin bro..

9. Upgrade rasa downgrade | Gafuri46's Blog - April 5, 2012

[…] Setelah diinstal, n dibuka aplikasinya, ternyata tampilannya sama saja dengan versi sebelumnya. Sama persis malah, untuk lebih jelas mengenai tampilan ini bisa dibaca di sini […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: