jump to navigation

Milih Motor Matik buat ibu, diantara banyak pilihan… Februari 18, 2012

Posted by gafuri46 in R2.
Tags: , , , ,
trackback

image

Kemarin ibu saya minta tolong buat memilihkan dan beli motor buat dia pakai sehari-hari. Kriterianya tentu yang pertama irit, nyaman, jenis matik n harganya gak perlu yang mahal, terus kalau bisa merk H (nah lo ibu saya fansmom H juga ternyata, hehe..)

Sebenarnya gak gitu juga sih, beliau sebelumnya pakai S Smash. Tapi melihat ramai orang pakai metik, beliau jadi pengen juga, biar gak repot pindah gigi katanya.

Terus kenapa gak merk Y? Kan si Y matiknya keren? Saya pribadi sih suka modelnya mio fino, tapi pas saya perlihatkan gambarnya beliau menolak, ya ga papa sih soalnya meski beliau mau pun barangnya juga belum ada, kalau sudah ada pun yakin dah pasti inden, hehehe..

Gimana denga S Nex, scoopy? Sama juga beliau gak suka. Lalu Xeon, Vartech? Ya kemahalan lah, kan beliau cari yang murah aja. Mio j? Juga belum ada. Soul? Gak lah, tar nyesel pas liat yang baru, si Soul GT.

Akhirnya pilihan tinggal beat ama spacy. Ya udah besoknya langsung ke dealer di kota barabai. Di dealer yang saya datangi kedua tipe yang diincar memang ada. Beat ada yang warna pink n biru, spacy ada hijau, putih n merah untuk tipe injeksi, dan ada hitam, hijau, dan putih untuk tipe karbu. Langsung dah tanya-tanya. Harga beat n spacy karbu sama yaitu Rp. 13.146.000,-. Sedangkan spacy injeksi lebih mahal 300rb.

Karena ibu saya pengennya kredit, ditanya deh berapa aja cicilan n uang mukanya (disingkat UM ya). Disini yang menarik bro, ternyata meski harga sama, untuk jumlah bulan yang sama (misalnya 24 bulan), UM beat lebih tinggi dari spacy. UM beat terendah Rp. 1.100.000,- sedangkan spacy cuma 850rb.
Cicilannya juga gitu bro, cicilan beat lebih tinggi perbulannya dibanding spacy, selisihnya untuk kredit 24 bulan sekitar 17rb/bln lho.
Gak cukup sampai disitu, untuk spacy ada diskon UM 500rb, jadi misalnya kalau pilih UM 2jt, kita cukup bayar 1,5jt.
Masih ada tambahan, karena masih suasana valentine (kata salesnya) jika kita ambil kredit yang 3 tahun, cicilan bulanan dipotong 45rb perbulan, jd misalnya cicilan 500rb, kita cukup byr 455rb/bln selama 36 bulan. Sedangkan beat? Gak ada diskon2an, hehe..

image

perbandingan kreditnya nih

Memang sih biar banyak diskon, dihitung gimanapun juga yang namanya kredit, leasing pasti tetap untung banyak. Tapi ya lumayan lah ada diskon, daripada gak ada sama sekali.

Setelah dipikir-pikir, ya udah ambil spacy injeksi aja, saya pilih yang warna hijau. Meski lebih mahal 300rb, biaya kredit motor ini tetep lebih hemat dibanding beat, mana dapet diskon UM lagi. Trus saya rasa motor ini sudah memenuhi kriteria ibu saya yaitu irit dan gak mahal, fungsional pula dengan bagasi yang besar. Safety juga dengan side stand switch dan rem parkir. Juga dilengkapi tutup pengaman kunci yang menutup otomatis jika motor dikunci. Selain itu teknologi matik ini dengan PGM-Fi step 4, pastinya teknologinya diatas beat kan? Masa bayar lebih mahal untuk teknologi yang lebih lama, ya ngga?

image

Setelah deal selesai, saya sendiri yang bawa nih motor dari dealer, sekalian first ride lah, hehe.. Ternyata motor ini enak juga (ya iyalah, baru getoh), tarikan enteng, menurut saya lebih enteng dari vario malah, padahal bodynya lebih besar. Saya membandingkan dengan vario karena saya punyanya vario.

Suspensi juga empuk, cuman jok kayanya kurang empuk deh. Tangki bensin juga gede, diisi 2 liter baru naik separo jarum fuel meternya, kalo beat udah hampir full tuh kayanya. Starternya halus, gak kaya vario. Suara knalpot juga halus. Trus dipakai melewati gundukan deket rumah juga gak mentok, padahal biasa pakai vario mentok dikit.

image

sudah dites drive sama ibu nih,hehe

At all, nih metik cukup lah buat aktivitas ibu sehari-hari. Cuman dipakai jarak dekat ko, sekitar 8 km/hari. Moga-moga servis n biaya perawatannya nanti gak mahal.

Di ulah di WordPress gasan Android

Komentar»

1. blackbetty - Februari 18, 2012

Harga cash sama tapi kenapa kredit beat lebih mahal? Padahal berbagai kelebihan ada di spacy. Apa ada perbedaan kualitas dan jeroan mesin?

gafuri46 - Februari 18, 2012

Bisa jadi bro, tapi didaerah ane beat memang lebih laku dibanding spacy, apalagi beat warna putih, mesti inden bro..

2. Ali - Februari 19, 2012

selamat Brader…
anda telah memutuskan dan mnjatuhkan pilihan yg sangat tepat..
Asal Honda pux,,g usah ragu…..beda sama ttangga sebelah.😀

3. silver arrow - Februari 19, 2012

feelnya lebih rendah ato sama vario masbro?

4. suzynex - Februari 19, 2012

spacy..more spacious, enak sih udah pake injeksi…tarikan lebih responsif, suara mesin terasa lbh halus…, tp sabuting kurangnya pank, talalu randah jarak antara rumah cvt(bagian bwh motor) dgn permukaan tanah, kalo ga hati2 bawa motornya mudah mentok.., salam dari banjarbaru

5. gafuri46 - Februari 19, 2012

@ali: tengkyu bro, salam kenal..
@silver arrow: mnrt saya feel nya gak beda jauh sama vario bro, cuman tarikan terasa lebih ringan aja..
@suzinex: iya bener bro, jarak terendahnya 128 mm, lebih rendah dari vario yang 132 mm. Tapi ko pas lewat gundukan kemarin ko gak nyentuh ya? Kalau pakai vario kena dikit. Apa karena jarak sumbu roda spacy yang lebih pendek 17mm dibanding vario yah. Btw salam kenal jua bro, ulun dari birayang nah..

6. Ari CX Rider - Februari 19, 2012
7. warung DOHC - Februari 19, 2012

istilahnya keren mas bro “fansmom” xixixi:mrgreen:

8. vixy182 - Februari 21, 2012

staterx masih bletak kah ?.. emang co2k buat harian matic gak capek

9. gafuri46 - Februari 22, 2012

@Ari Cx Rider: boleh bro, silakan nanti diambil..🙂
@Warung DOHC: ada fansboy, ada fansmom,hehe..
@vixy182: alhamdulillah starternya jauh lebih halus dibanding vario bro..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: