jump to navigation

Prestasi Anak Jeblok? Baca ini..!! Februari 27, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , , , ,
trackback
image

aktifitas anak disekolah

Anemia gizi besi merupakan salah satu masalah gizi yang berdampak besar terhadap produktifitas seseorang. Jika terjadi pada anak sekolah, anemia gizi besi dapat menyebabkan menurunnya prestasi anak disekolah.

Anemia adalah kekurangan sel darah merah (eritrosit) yang umumnya akibat dari kekurangan zat besi dari makanan atau kehilangan darah yang berlebihan dan tidak mampu diganti dari konsumsi makanan. Penyebab lain anemia bisa karena defisiensi vitamin B12 atau karena defisiensi asam folat (anemia megaloblastik). Selain itu juga bisa karena kekurangan vitamin E atau perdarahan hemoragi (anemia hemolitik).

Anemia gizi besi sendiri merupakan anemia yang disebabkan karena seseorang kekurangan zat besi.
Besi merupakan mineral penting bagi tubuh manusia untuk membentuk komponen haem dari hemoglobin, komponen ini membawa oksigen (O2) dari paru keseluruh tubuh dan membawa balik karbon dioksida (CO2) dari jaringan tubuh ke paru.

Pada anak sekolah,Jika terjadi kekurangan zat besi, maka seorang anak bisa  kekurangan oksigen secara kronis dan menderita anemia. Akibatnya anak menjadi lesu, tidak semangat, cepat lelah, dan mudah terkena penyakit. Dan yang perlu diwaspadai, kekurangan zat besi pada anak sekolah bisa menyebabkan berkurangnya kecerdasan dan kemampuan belajar, selain itu kemampuan daya ingat anak juga bisa menurun. Anak yang pernah kekurangan zat besi, skor motorik dan IQ nya bisa menjadi rendah. Selain itu, anak juga jadi sulit konsentrasi dan mengalami kesulitan terutama pada pelajaran matematika. Semua hal ini pastinya mengakibatkan menurunnya prestasi anak disekolah. Heemm, bahaya banget kan, sudah lesu, prestasinya jeblok lagi..hehe..

Dibanding anak laki-laki, anak perempuan lebih rentan menderita anemia gizi besi. Hal ini karena jumlah zat besi yang dikeluarkan perempuan 2x lebih banyak daripada laki-laki. Penyebabnya karena perempuan mengalami menstruasi.

Untuk mengetahui seorang anak anemia atau tidak, bisa diketahui dengan mengukur kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah. Untuk anak sekolah, anak dikatakan anemia jika Hb nya kurang dari 12gr/dL.

Salah satu cara mengatasi anemia ini adalah dengan memperbaiki menu makanan yaitu dengan mengkonsumsi bahan makanan kaya zat besi. Sumber zat besi dari makanan antara lain adalah daging, hati, ikan, udang, telur, tempe, kedelai, kacang hijau, kacang merah dan sayuran hijau. Zat besi yang berasal dari makanan hewani lebih baik penyerapannya dibanding dari makanan nabati. Suplemen berupa sirup atau tablet besi juga bisa diberikan jika perlu.

image

Penting pula memperhatikan adanya zat gizi yang dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh yaitu vitamin c, protein hewani, seng, dll. Dan memperhatikan juga zat yang menghambat penyerapannya seperti kalsium, asam fitat, fosfat dan polifenol yang terdapat pada kopi, teh, dan coklat.

Jadi, jika prestasi anak disekolah sedang kurang bagus, jangan buru-buru menyalahkan anak. Apalagi memaksa anak untuk belajar lebih keras sampai berlebihan. Harus dilihat lagi bagaimana menu yang kita sajikan sehari-hari. Apakah sarapan paginya cuma nasi, teh, dan telur dadar? Jika cuma itu maka sarapan anak anda cuma mengandung sumber tenaga, protein dan lemak saja. Mana sumber vitamin dan mineralnya? Memang telur sumber zat besi, namun teh mengandung zat yang mengganggu penyerapan zat besi. Sehingga ternyata menu makanan yang kita sajikan sehari-hari tidak menunjang anak dalam aktifitasnya disekolah.

So, mari kita luangkan waktu dengan memperhatikan menu makan anak kita. Berikan menu bergizi baik dan bergizi seimbang, yang mengandung semua zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Termasuk dalam mineral ini adalah zat besi. Untuk anak tercinta, harus yang terbaik bukan..??

Sumber : kamus gizi, gizi anak sekolah

Komentar»

1. oche - Februari 28, 2012

nice info mazbro…

gafuri46 - Maret 4, 2012

Thanks sudah mampir bro..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: