jump to navigation

Cempedak dan mandai tiwadak.. Maret 4, 2012

Posted by gafuri46 in buah2an.
Tags: , , , ,
trackback
image

buah cempedak

Tak banyak buah yang semua bagian buahnya bermanfaat. Tapi ada satu buah yang dari daging buah, biji, sampai kulitnya dapat dimakan, buah itu adalah cempedak.

Cempedak, oleh masyarakat kalsel disebut juga tiwadak. Buah ini banyak terdapat di kalsel, terutama di kabupaten Balangan. Jika sedang musim, buah ini bisa sangat melimpah dipasaran.

Ada beberapa cara menikmati buah ini, yang pertama tentu dimakan langsung, dan saya kurang suka dengan cara ini karena buah ini ada getahnya. Yang kedua digoreng dengan tepung (oleh masy. Banjar disebut geguduh tiwadak). Yang ini saya sering beli diwarung deket rumah, n saya lebih suka dibikin seperti ini daripada dimakan langsung.

image

geguduh tiwadak

Biji buah ini juga enak sekali direbus. Biasanya kalau dimakan langsung, biji buah ini kami kumpulkan untuk direbus nantinya. Rasa biji buah ini guring dan enak.

Dan yang terakhir kulitnya. Bagi masyarakat banjar justru bagian inilah yang paling enak. Kulit cempedak yang di olah ini disebut dengan nama mandai. Mandai bisa digoreng langsung, bisa juga di awetkan dengan garam.

Cara memasaknya, untuk yang digoreng langsung. Pertama di bersihkan kulit luarnya, kemudian kulit tadi dipotong-potong dan diberi bumbu. Bumbu yang digunakan tergantung selera, tapi kalau mau cepat garam, gula dan bawang yang dihaluskan sudah cukup. Kemudian diamkan beberapa saat agar bumbu meresap, lalu digoreng, mandai siap disajikan.

Cara mengolah lainnya adalah dengan diasinkan/diawetkan. Caranya sama saja, setelah dibersihkan kulit luarnya, mandai dipotong-potong, lalu diberi garam dan dimasukan dalam toples berisi air. Setelah beberapa minggu mandai akan jadi asin dan siap digoreng. Dengan cara ini mandai bisa awet dan tahan berbulan-bulan. Rasa mandai yang diawetkan ini asin dengan sedikit asam, tapi enak kok..

Dikalsel, terutama didaerah hulu sungai, mandai sangat populer. Apalagi pada musim cempedak, mandai menjadi menu pilihan masyarakat. Malah banyak orang yang beli cempedak cuma untuk diambil kulitnya. Dari segi gizi sebenarnya mandai bukan makanan yang bergizi tinggi. Ya wajar lah, kan cuma kulit buah.

Bagi yang ingin mencoba bisa dibikin sendiri dirumah. Tapi kalau ingin yang sudah jadi, biasanya kalau lagi musim cempedak mandai ini banyak dijual dipasar-pasar didaerah hulu sungai dikalsel. Selain itu, mandai juga ada dijual di sepanjang jalan dikecamatan batu mandi kabupaten Balangan.
Selamat mencoba..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: