jump to navigation

Nikmatnya makan balauk pakasam.. Maret 4, 2012

Posted by gafuri46 in umum.
Tags: , , , , , , , ,
trackback
image

pekasam yang sudah digoreng

Pernahkah anda mencoba makan dengan lauk ikan yang ditaburi beras, dan rasanya asam? Jika belum anda patut mencoba makan dengan lauk pakasam.

Pakasam merupakan salah satu lauk khas dari kalimantan selatan. Pembuatan Pakasam sebenarnya merupakan salah satu metode pengawetan bahan makanan dalam hal ini ikan. Ikan yang dijadikan bahan pembuatan pakasam biasanya ikan sungai seperti ikan sepat. Cara pembuatannya, ikan yang sudah dibersihkan. Kemuadian diberi garam dan ditaburi beras yang sudah disangrai, lalu didiamkan selama beberapa waktu. Masyarakat banjar menyebut beras pada pakasam ini dengan nama samu. Makin lama didiamkan rasa ikan akan semakin asam, karena rasa asam inilah maka lauk ini dinamakan pakasam/pekasam.

Setelah proses memakan waktu yang cukup, ikan sudah bisa dimasak dengan cara digoreng. Biasanya ikan digoreng bersama samu dan bawang merah. Rasa dari pakasam ini sangat unik dan lezat, hal ini karena rasa asamnya yang khas. Saya sendiri sangat suka dengan samu nya, menurut saya samu lebih enak dari ikannya sendiri, hehe..

Jika anda tertarik mencoba pakasam ini, anda bisa datang kepasar-pasar ikan dikalsel, terutama di pasar Barabai di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Di pasar ini, banyak penjual pakasam, anda bisa memilih sendiri mana yang anda suka, karena ukuran ikan yang dijual bervariasi. Pakasam  sendiri cukup awet disimpan sehingga sangat pas dijadikan oleh-oleh.

Selamat mencoba.. 

Komentar»

1. Aa Ikhwan - Maret 4, 2012

menggiurkan🙂

gafuri46 - Maret 4, 2012

Wajib dicoba bro, hehe

2. vixy182 - Maret 6, 2012

campuri mandai mkn nya nyaman bnr ne🙂

gafuri46 - Maret 7, 2012

Bujur banar, batambah tupang makan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: