jump to navigation

Ketupat kandangan, memang enak banget.. Maret 11, 2012

Posted by gafuri46 in makanan khas.
Tags: , , , , ,
trackback

Malam ini saya makan enak lagi nih. Barusan saya lewat kota kandangan. Berhubung pas perut lagi minta diisi, sekalian saja makan makanan khas kota ini.

image

saya makan pakai sendok nih,hehe

Yup, makanan yang saya makan malam ini adalah ketupat kandangan. Ketupat kandangan sebenarnya secara pembuatan tak jauh beda dengan ketupat lainnya. Yang bikin spesial adalah kuahnya yang terbuat dari santan kental dan rasanya enak dan gurih. Ditambah taburan bawang goreng bikin aromanya semakin mantap. Sebagai lauk bisa dipilih ikan haruan/gabus atau telur itik.

Yang unik adalah cara makannya. Makan ketupat ini aslinya gak pakai sendok, tapi langsung pakai tangan. Dan sebelum dimakan, ketupatnya dihancurin dulu, jadinya gak berbentuk ketupat lagi, tapi jadi kaya nasi dengan kuah santan. Katanya makan dengan cara ini lebih enak. Tapi saya sendiri pakai sendok karena malas cuci tangan, hehe..

Harga satu porsinya nggak mahal, cuma sekitar 12ribu rupiah. Jika anda kebetulan lewat kota kandangan, ketupat kandangan adalah salah satu makanan yang harus dicoba. Apalagi pas malam-malam n dingin, makan nih ketupat kandangan memang pas banget. Ditambah dengan segelas teh hangat, wuih perfect dah..

Sayangnya makanan ini tidak dilengkapi sayuran. Jadi sebaiknya setelah makan ketupat ini, sebaiknya anda makan makanan sumber serat seperti buah-buahan. Dan buat anda yang memiliki masalah kesehatan misalnya hipertensi ataupun masalah kolesterol, makanan ini sebaiknya dihindari, sebab makanan ini lemaknya cukup tinggi, dikarenakan santannya yang sangat kental.

Buat yang pengen nyoba, tapi tinggalnya jauh dari kota kandangan, gak masalah kok! Di kota lain dikalsel juga ada yang jual. Di Banjarmasin pun cukup banyak juga warung yang jual makanan ini. Tapi saya sendiri lebih suka makan nih makanan dikota asalnya, yaitu kandangan. Namanya saja ketupat kandangan, aslinya ya dikandangan, ya ngga? Hehe..

Met makan..

Komentar»

1. Aa Ikhwan - Maret 11, 2012

wah seru tuh pake tangan. . kl gak biasa lepas terus tuh..😀

2. gafuri46 - Maret 12, 2012

@Aa ikhwan: bener bro, saya sendiri tidak terbiasa makan ketupat gak pakai sendok..

3. vixy182 - Maret 16, 2012

pke sendok lain org kandngn tu berarti:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: