jump to navigation

Dehidrasi? Bahaya lho..!!! Maret 29, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , ,
trackback

image

Sering orang menganggap remeh rasa haus dengan menunda minum, dengan berbagai alasan pastinya. Padahal, rasa haus merupakan respon otak yang menunjukan bahwa tubuh sedang memerlukan cairan.

Sebagian besar komponen tubuh kita adalah air. Rata-rata tubuh orang dewasa terdiri atas 63% air, 17% protein, 13% lemak, 6% mineral, dan 1% karbohidrat dan vitamin. Tubuh kita dapat bertahan berminggu-minggu tanpa makanan, tapi hanya beberapa hari jika tanpa air. Kehilangan 20% cairan tubuh dapat menyebabkan kematian.

Air yang baik dan aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak mengandung zat berbahaya. Air yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari adalah air putih, bukan teh, cairan elektrolit, kopi, ataupun minuman soda.

Air memiliki berbagai fungsi bagi tubuh kita, yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai alat angkut
Sebagai komponen utama darah, air akan mengangkut berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh. Selain itu air juga mengangkut zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak perlukan lagi untuk dikeluarkan melalui paru-paru, kulit, dan ginjal.

2. Sebagai pelarut
Air adalah pelarut bagi zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta bahan lain yang diperlukan tubuh seperti oksigen dan hormon. Dengan melarutkan sisa metabolisme, maka air juga meringankan kerja ginjal.

3. Sebagai katalisator
Air merupakan katalisator berbagai reaksi biologis dalam sel tubuh termasuk di saluran cerna. Air memecah dan menghidrolisis berbagai zat gizi kompleks menjadi zat gizi yang lebih sederhana. Air merupakan media berlangsungnya berbagai reaksi-reaksi kimia dalam tubuh

4. Pengatur suhu tubuh
Air mengatur suhu tubuh melalui evaporasi. Evaporasi 1gr air akan menghilangkan sekitar 6 kalori panas dari tubuh.

5. Fungsi lainnya
Air juga berperan sebagai pelumas dalam cairan sendi-sendi otot. Air juga merupakan komponen utama air mata, air liur, dan mukus. Selain itu air juga dapat melindungi organ-organ dari benturan.

Kita perlu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Yaitu keseimbangan antara jumlah cairan yang masuk dan jumlah yang keluar. Ketidakseimbangan terjadi saat dehidrasi (kekurangan) dan intoksikasi air (kelebihan).

Dehidrasi dapat membahayakan kesehatan, bahkan dehidrasi ringan akan bisa menguras energi tubuh dan menyebabkan kelelahan. Kehilangan cairan 2% Berat Badan (BB) sudah dapat mengganggu respons fisiologis tubuh. Kehilangan 4% sd 6% menimbulkan keluhan fisik. Kehilangan 12% menyebabkan gangguan pergerakan tubuh. Dan kehilangan 15% sd 25% akan berakibat fatal.

Penelitian terkini menunjukan bahwa kekurangan cairan berefek pada resiko beberapa penyakit yaitu :
– kanker usus besar dan saluran kencing
– batu dan infeksi saluran kencing
– susah buang air besar
– hipertensi
– stroke pembuluh darah otak
– penyakit jantung koroner
– glaukoma
– dan gangguan kesehatan lansia secara umum.

Kebutuhan tubuh akan air harian sekitar 30 ml/kg berat badan. Kebutuhan rata-rata air orang dewasa adalah 2 – 3 liter/hari (8 sd 15 gelas/perhari).  Kebutuhan ini tergantung aktivitas, jenis kelamin, kondisi fisiologis dan suhu sekitar. Kebutuhan air pada laki-laki lebih banyak daripada perempuan. Makin berat aktivitas fisik, makin banyak air yang dikeluarkan melalui keringat, sehingga kebutuhan air pun juga meningkat. Beberapa kondisi lain yang membutuhkan tambahan air adalah pada saat demam, coma, diare, muntah-muntah, dan penggunaan diuretik.

Bagaimana cara mengetahui kita kekurangan cairan atau tidak? Ada cara sederhana yang bisa dilakukan yaitu dengan membandingkan warna urin kita dengan tabel PURI (Periksa Urin Sendiri).

image

tabel puri

Makin gelap warna urin, kemungkinan anda kekurangan cairan semakin tinggi. Namun perlu diperhatikan pula bahwa warna urin ini juga dipengaruhi oleh makanan dan obat-obatan yang anda konsumsi. Pemeriksaan ini bisa dilakukan kapan saja kecuali saat bangun pagi, karena saat pertama kali bangun pagi keadaan urin sedang terkonsentrasi.

Dengan berbagai fungsi penting diatas, masihkah kita meremehkan rasa haus? Dan bagaimana ternyata kekurangan cairan bisa berefek yang berbahaya bagi kesehatan..!!
So, Mari kita hitung-hitung kembali, berapa gelas air putih yang tiap hari kita minum? Jika kurang dari 8 gelas/hari, maka waspadalah..!! Karena anda berpotensi mengalami kekurangan cairan.

Sumber :
– Prinsip dasar ilmu gizi
– Metabolisme zat gizi
– Sehat dan bugar berkat gizi seimbang.
– ppt. Air (saptawati bardosono)

Komentar»

1. Gianluigi mario - Maret 30, 2012

perlu banyak minum air neehh🙂
nice infoh

gafuri46 - April 7, 2012

Yup, bener banget bro..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: