jump to navigation

Serat, gizi penuh manfaat.. Maret 29, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Dalam menu sehari-hari, sering kita cuma makan nasi bersama lauk hewani seperti ikan, tanpa dilengkapi sayuran apalagi buah. Padahal sayuran dan buah merupakan sumber serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan

Serat merupakan salah satu karbohidrat kompleks. Serat bisa juga disebut polisakarida nonpati yang ada pada semua bahan nabati. Serat baik untuk kesehatan meskipun tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Ada 2 golongan serat yaitu yang larut air dan yang tidak larut air.

Serat tidak larut air yaitu selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat jenis ini ada pada gandum, dedak beras, buah dan sayuran. Serat golongan ini dapat melunakan feses sehingga buang air besar menjadi lancar. Selain itu serat ini juga bisa mencegah hemoroid, dan mencegah divertikulosis.

Serat larut air yaitu gum, pektin dan mukilase. Serat ini ada pada havermouth, kacang-kacangan, sayur dan buah. Serat jenis ini bisa mencegah penyakit jantung koroner dan dislipidemia. Serat ini dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Karena serat ini mengikat cairan empedu yang merupakan produk akhir kolesterol. Cairan empedu sendiri dikeluarkan untuk membantu penyerapan lemak dari makanan yang kita konsumsi. Dengan terikatnya cairan empedu oleh serat, maka lemak yang kita konsumsi pun jumlah yang diserap tubuh akan berkurang.

Bagi anda yang kelebihan berat badan. Konsumsi serat yang cukup juga dapat menurunkan berat badan lho..! Hal ini karena serat mengandung kalori yang rendah. Selain itu serat juga memberi rasa kenyang dan menunda rasa lapar.

Yang tak kalah penting, serat juga bisa mencegah kanker. Karena serat dapat mengikat dan membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya penyebab kanker di pencernaan.

Konsumsi serat yang dianjurkan adalah 25gr sd 30gr/hari. Sumber serat antara lain beras tumbuk, beras merah dan havermouth. Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang hijau, olahan kacang seperti tempe. Sayuran seperti buncis, daun singkong, kacang panjang, dll. Dan buah-buahan yaitu jeruk, salak, pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel, dll. Sumber serat alami seperti bahan makanan diatas lebih baik dikonsumsi daripada produk serat olahan, misalnya yang berbentuk minuman. Karena selain lebih aman, sumber serat alami juga kaya vitamin dan mineral, dan pastinya harganya lebih murah dong..

image

Meski sangat bermanfaat, kelebihan konsumsi serat juga tidak baik bagi kesehatan. Kelebihan serat dapat menyebabkan diare, menimbilkan gas berlebih, dan mengganggu penyerapan zat gizi lain.

Heemmm, banyak banget ya manfaat serat. So, jangan lupa untuk selalu melengkapi menu sehari-hari anda dengan serat yang cukup.

Sumber
– penuntun diet
– pangan dan gizi untuk kesehatan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: