jump to navigation

Ganti drive belt vario.. April 5, 2012

Posted by gafuri46 in R2.
Tags: ,
trackback

Tak terasa sudah 4 tahun ane ditemani oleh vario biru ane. Meski body sudah banyak lecet, tapi nih motor masih enak dipakai. Cuman tarikan yang sudah terasa berat.

Iseng cek buku servis, lihat apa saja yang seharusnya sudah ganti. Ternyata banyak yang harusnya sudah ganti, seperti drive belt, saringan udara, busi, air radiator, dll.

Karena dana terbatas, jadi dipilah dulu mana yang paling penting diganti. Busi kayanya masih oke, gak pernah nembak n gak pernah mogok juga. Air radiator sudah pernah ganti (2 tahun lalu, hehe..) jadi ditambahin airnya aja lah.. Hemat..

Nah drive belt (v belt) yang ane pikirin, takutnya udah jelek karena kelamaan, n takut putus dijalan juga. Menurut buku servis sih, tiap 24.000 km harus ganti, n ane liat dispido sudah hampir 39.000 km, ckckck…

Ya udah berangkat ke bengkel resmi. Niatnya sih cuman ganti v belt sama ganti oli. Sampai dibengkel nanya2 dulu berapa harga v belt. Ternyata v belt nya saja kosong, yang ada paket drive belt yaitu v belt dan roller. N harganya lumayan bro, Rp. 180.000,-.

Pikir-pikir dari pada kenapa2 dijalan, daripada putus dijalan, mending diganti aja deh. Maklum lah, meski jarang dipakai, tapi sekali jalan nih motor biasa nempuh sampai hampir 200km.

Setelah nunggu sekitar 30 menit, selesai deh ganti oli n ganti drive belt nya.

image

nih drive belt nya yang sudah diganti

Kalau dilihat fisiknya sih, kayanya belt nya masih bagus, kalau roler nya sudah lumayan aus.

Biar lebih yakin dicoba dulu motornya. Ternyata tarikannya jadi ringan bro, rasanya jadi gak beda jauh sama spacy fi yang baru bulan kemarin dibeli. Di tes akselerasi nya juga makin cepat kayanya, mungkin karena belt baru yang masih kenceng kali yah.

At all, gak rugi ternyata ganti drive belt. Biar lumayan mahal tapi hasilnya langsung terasa. Ya seperti jamu pegel linu lah, habis diminum pegel langsung hilang, hehehe..

Komentar»

1. endro - April 20, 2012

varioku udah 24.500km. mulai ada kaya nyendal/hentakan pada angkatan awal. kira2 itu gara2 udah harus ganti v belt ga ya? kemarin nanya mekanik sih katany ga harus ganti di km tsb. kl masih oke, ga perlu ganti…

Widi Hidayat - Juli 16, 2013

Vario saya sudah ganti Vanbelt + roller +mangkok dan juga rumah kopling tetapi masih saja nyendal nyendal… saya jadi pusing…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: