jump to navigation

Perilaku yang dapat merusak otak.. Mei 30, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: ,
trackback

image

Setelah tadi artikel tentang vitamin dan mineral yang penting untuk perkembangan otak, selanjutnya adalah mengenai hal-hal yang bisa merusak otak. Seluruh aktifitas tubuh kita dikendalikan melalui otak, ya wajarlah sehingga otak perlu dipelihara dan dijaga kesehatannya. Berikut ini adalah perilaku yang perlu dihindari karena dapat merusak otak.

Tidak Sarapan Pagi
Kebanyakan orang menganggap remeh sarapan pagi, bahkan ada yang cuma minum kopi saja tanpa sarapan. Padahal sarapan pagi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi kita terutama otak. Otak memerlukan glukosa (karbohidrat) sebagai sumber energinya. Perlu diketahui penggunaan energi otak bahkan mencapai 30% kebutuhan energi tubuh.
Saat bangun pagi, gula darah ditubuh seseorang rendah karena semalaman tidak makan. Tanda kekurangan glukosa, biasanya seseorang akan merasa pusing. Jika sudah pusing begini, jangan buru-buru minum obat, tapi cukup penuhi kebutuhan otak. Untuk jangka pendek bisa dengan minuman manis, tapi selanjutnya tetap harus sarapan karena pemenuhan glukosa dari minuman manis sifatnya hanya sementara.

Makan berlebih
Makan berlebih juga bisa merusak otak lho.. Makan berlebih terutama yang banyak mengandung lemak dapat menyebabkan penumpukan lemak jenuh dipembuluh darah. Jika terjadi pada pembuluh darah otak, ini bisa menyebabkan terhambatnya suplai glukosa dan oksigen ke otak.

Merokok
Merokok atau terhirup asap rokok  juga berbahaya bagi otak. Rokok dan asap rokok dapat membuat sel otak rusak. Selain itu terhirup asap rokok juga menyebabkan asupan oksigen ke otak jadi berkurang.

Mengkonsumsi gula berlebih
Meskipun gula adalah sumber glukosa, namun gula merupakan jenis karbohidrat yang masuk dalam karbohidrat sederhana yang artinya didalam tubuh gula tidak perlu dipecah lagi sehingga bisa langsung dimanfaatkan oleh tubuh. Konsumsi gula yang berlebih dapat mengganggu penyerapan protein, sedangkan protein sangat diperlukan dalam perkembangan otak, sehingga otak jadi tidak berkembang dengan sehat. Konsumsi gula tambahan yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 10% kebutuhan energi total. Gula tambahan yang dimaksud bukan hanya gula pasir, tapi juga gula pada permen, sirup, gula merah, dll.

Tidur berlebih
Tidur berlebih ternyata dapat kematian pada sel-sel otak lho.. Tidur yang cukup adalah sekitar 7-8 jam/hari. Lebih dari itu bisa dikatakan berlebihan. Selain itu tidur yang cukup ternyata dapat meningkatkan konsentrasi berpikir.

Jarang berpikir
Jarang berpikir, bengong, juga nggak baik buat otak. Hal ini menyebabkan otak jadi tidak berkembang dan jadi bodoh. Namun berpikir berlebihan tanpa istirahat juga tidak baik bagi otak karena juga dapat merusak otak.

So, mari kita jaga dan pelihara selalu otak kita. Makan bergizi seimbang, tidur yang cukup, istirahat yang cukup, olahraga teratur dapat menjaga kesehatan otak kita. Dan terakhir jangan lupa untuk selalu positif thinking, berpikir positif sangat bermanfaat karena dapat menstimulus otak untuk dapat mengolah informasi secara lebih baik.

Sumber tulisan
-Kamus gizi
-Gizi anak sekolah

Posted from WordPress for Android

Komentar»

1. Aa Ikhwan - Mei 31, 2012

Sip ajib nice info..wah ane sarapan pagi kl sabtu minggu doank, sering minum yg manis2 (kopi).
Ane sadar jg sh saat tua khawatir penyakit bermunculan..cm susah untuk merubah pola yg sdh jd kebiasaan.😀

gafuri46 - Juni 1, 2012

Wah sama nih, ane juga hampir tiap pagi minum kopi, hehe..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: