jump to navigation

Vitamin dan mineral yang penting untuk perkembangan otak.. Mei 30, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , ,
trackback

image

Tahukah anda otak merupakan organ penting yang sangat membutuhkan zat gizi untuk dapat berkembang dan bekerja optimal. Secara keseluruhan, zat gizi yang dibutuhkan otak sama saja dengan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dari bermacam zat gizi, tentu saja sumber kalori, protein dan asam lemaklah yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak. Akan tetapi, beberapa vitamin dan mineral juga sangat berperan penting dalam perkembangan otak.

Berikut ini beberapa vitamin yang penting dalam perkembangan otak adalah :

Vitamin A
Vitamin A merupakan salah satu vitamin larut lemak. Jika sebelumnya kita mengenal vitamin ini baik untuk kesehatan penglihatan. Ternyata vitamin ini juga membantu otak dalam membangun protein dan DNA.
Sumber : hati, kuning telur, minyak ikan, susu, keju, sayuran hijau dan buah dengan daging buah berwana oranye.

Vitamin E
Vitamin juga merupakan vitamin larut lemak yang berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin E ini mencegah kerusakan otak dengan melindunginya dari radikal bebas. Selain itu vitamin E juga membantu proses myelinisasi di otak.
Sumber : sayuran, biji-bijian, minyak nabati.

Vitamin B1
Vitamin B merupakan vitamin larut air. Vitamin B1 biasa disebut juga thiamin. Vitamin ini membantu transmisi sistem syaraf ke target organ tubuh. Selain itu vitamin ini juga membantu otak memproses energi dari glukosa dan protein.
Sumber : padi-padian utuh, daging, hati, jantung dan ragi.

Vitamin B2
Vitamin B2 juga dikenal dengan nama riboflavin. Vitamin ini membantu konduksi untuk penyaluran impuls saraf, memelihara substansi yang melindungi saraf dan merupakan energi untuk otak.
Sumber : susu, ragi, telur, keju, hati, dan kacang-kacangan.

Vitamin B3
Niasin atau vitamin B3 diketahui dapat membantu otak untuk memproduksi bahan kimia dan asam essensial dalam upaya membentuk protein. Vitamin ini juga berperan membantu fungsi syaraf dan meningkatkan kemampuan memori.
Sumber : semua bahan sumber protein, sereal, kopi, dan teh.

Vitamin B6
Vitamin B6 atau piridoksin fungsinya hampir sama dengan vitamin B3 yaitu membantu otak memproduksi bahan kimia dan asam esensial dalam membentuk protein. Selain itu piridoksin jua berperan dalam metabolisme asetilkolin dan membantu mempertahankan fungsi saraf.
Sumber :  ayam, ikan, ginjal, susu, kuning telur, serealia, pisang, kentang, kedelai, dll.

Vitamin B9
Asam folat atau vitamin B9 diketahui dapat membantu membentuk DNA dan RNA, yanh merupakan bagian terpenting dari asam nukleat dan penyimpanan memori jangka pendek.
Sumber : sayuran hijau, hati, kacang-kacangan, dan buah.

Selanjutnya adalah mineral yang penting untuk perkembangan otak, yaitu :

Yodium
Yodium sangat penting untuk perkembangan otak. Yodium berperan mencegah gangguan otak yang dapat menimbulkan menurunnya kemampuan intelektual, melambatnya psikomotorik dan menyebabkan keterbelakangan mental.
Sumber : seafood, garam beryodium, rumput laut.

Seng
Seng diperlukan dalam setiap reaksi enzim di dalam otak. Seng juga membantu membentuk DNA, RNA dan protein serta membantu menyediakan energi dari glukosa dan protein.
Sumber : daging, ikan, serealia dan kacang-kacangan.

Zat Besi
Zat besi dapat membantu tubuh mengolah nutrien yang dibutuhkan untuk aktivitas otak. Zat besi juga membantu membentuk neurotransmiter dan DNA.
Sumber : daging, hati, ikan, telur, sayuran hijau.

Magnesium
Magnesium diketahui dapat membantu otak dalam mengolah energi dari zat gizi.
Sumber : sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, gandum, kedelai, pisang, avokad, dll.

Kalium
Manfaat penting kalium bagi perkembangan otak yaitu kalium dapat menstabilkan kadar normal neurotransmiter.
Sumber : pisang, kentang, jeruk, sayur dan buah lainnya.

Kromium
Kromium berperan penting dalam metabolisme glukosa, glukosa sendiri sangat diperlukan otak sebagai sumber energi.
Sumber : gandum, daging, kacang-kacangan.

Hemm.. Ternyata banyak vitamin dan mineral yang baik untuk otak. Dan sebagian besar bersumber dari sayuran dan buah. So, untuk perkembangan yang optimal bagi otak yang tersayang, sajikan selalu makanan bergizi seimbang, yaitu selain makan utama sumber energi dan protein, jangan lupa sediakan pula sayuran dan buah dimeja makan anda..

Sumber tulisan
– Kamus gizi
– Gizi anak sekolah

Posted from WordPress for Android

Komentar»

1. Aa Ikhwan - Mei 30, 2012

Sip..nice info

gafuri46 - Juni 1, 2012

Makasih sudah mampir bro..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: