jump to navigation

Probiotik dan manfaatnya bagi tubuh.. Juni 3, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , ,
trackback

image

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang menyerupai flora normal yang hidup di saluran pencernaan. Mereka kerap disebut bakteri yang baik. Probiotik biasanya berasal dari dua kelompok spesies yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium. Namun ada juga probiotik yang berasal dari kelompok Bacilus, Enterococcus, dan Escherichia.

Bakteri, jamur, dan parasit yang menyerang tubuh dapat mengganggu keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh. Bakteri baik yang normalnya hidup dalam saluran pencernaan kita dapat dikalahkan oleh mikroorganisme jahat yang berasal dari lingkungan luar. Jumlah bakteri baik dalam usus dapat juga berkurang akibat penggunaan antibiotik jangka panjang. Pada keadaan seperti inilah, probiotik berperan mengembalikan keseimbangan mikroorganisme.

Probiotik dapat mempercepat penyembuhan diare dan beberapa jenis infeksi. Ia dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih agresif melawan mikroorganisme jahat. Berbagai penelitian telah dilakukan dan menunjukkan bahwa probiotik berfungsi untuk penderita radang usus, kolitis ulseratif, penyakit Crohn, dan infeksi Helicoacter pylori (suatu bakteri penyebab luka di lambung dan usus).

Probiotik dapat ditemukan di yoghurt, tempe, ataupun suplemen yang mengandung probiotik. Probiotik memang menunjukkan banyak manfaat. Namun, tidak semua orang dapat mengonsumsinya. Orang yang alergi terhadap Lactobacillus sebaiknya tidak mengonsumsi probiotik yang mengandung Lactobacillus. Orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh seperti pengidap HIV atau menjalani transplantasi organ sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Demikan halnya dengan ibu hamil, menyusui, dan pasien usia lanjut.

Probiotik juga dapat mengubah cara kerja dan efektivitas obat dalam tubuh. Obat yang dapat dipengaruhi antara lain antibiotik, obat kemoterapi, steroid, dan obat yang bekerja dengan menekan sistem imunitas tubuh (imunosupresan). Sebelum mengonsumsi probiotik, ingatlah bahwa setiap jenis probiotik memiliki efek yang berbeda. Berkonsultasilah dengan dokter jika Anda sedang menjalani pengobatan agar obat yang dikonsumsi tidak berinteraksi dengan probiotik.

Selamat mengonsumsi bakteri baik . . !

Sumber : Gerakan Sadar Gizi

Posted from WordPress for Android

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: