jump to navigation

Ingin cepat hamil, baca ini.. Juni 7, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Tak sedikit orang yang mendambakan kehadiran buah hati. Namun banyak pula yang sampai beberapa waktu masih belum berhasil mendapatkannya. Banyak faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya pembuahan sel telur. Untuk memperoleh hasil maksimal tentu diperlukan usaha maksimal pula. Salah satu yang perlu dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang baik dan mendukung proses pembuahan.

Dari berbagai zat gizi yang ada, berikut adalah yang dibutuhkan untuk mendukung pembuahan antara lain:

VITAMIN B6
Merupakan salah satu zat gizi penting yang valid dan tidak dapat ditawar lagi. Mengingat zat gizi ini merupakan pendukung dan pengatur hormon reproduksi/ kesuburan. Terdapat pada sayuran
hijau, kacang-kacangan, kecambah (tauge), dan biji-bijian (sereal, beras, gandum/ roti).
Penting: sebaiknya mengkonsumsi yang masih fresh atau tidak diawetkan (beku/kaleng).

ASAM FOLAT
Zat gizi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak bakal janin. Asam folat terkandung dalam sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli, asparagus, kacang polong, kacang kapri, jus jeruk), atau tersedia dalam tablet siap pakai (dapat diperoleh di apotik terdekat). Asam folat dianjurkan untuk dikonsumsi tiap hari pada saat mempersiapkan kehamilan dan beberapa bulan pertama setelah terjadinya kehamilan.
Penting: konsumsi asam folat sebaiknya juga dilakukan dengan dosis harian oleh calon ayah/ suami.

VITAMIN C
Termasuk unsur penting untuk peningkat kesuburan, terutama bagi para calon ayah. Selain itu, vitamin C juga berperan meningkatkan kekebalan tubuh, faktor pendukung yang dibutuhkan bila kehamilan terjadi. Jamak terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, mangga, dan buah-buahan lainnya.

ZAT BESI (Fe)
Calon ibu yang mengalami anemia termasuk dalam kasus sulit hamil. Karena itu zat besi sebagai unsur peningkat jumlah sel darah merah termasuk unsur yang penting dibutuhkan. Terdapat pada hati, daging merah (sapi, kambing, domba), ayam, kacang-kacangan dan sayuran hijau (bayam).

ZAT SENG (Zinc)
Zat ini berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Umumnya terdapat pada kerang, kuning telur, daging merah, biji- bijian, kacang-kacangan.

AIR
Terapi air termasuk salah satu yang kini sedang digalakkan untuk meningkatkan kesuburan, berpotensi meningkatkan produksi hormon-hormon kesuburan, testosterone dan estrogen. Dianjurkan minum 8-10 gelas air per harinya.

Sebaliknya, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh calon ibu hamil, di antaranya:

Makanan mengandung merkuri
Makanan ini berpotensi menyebabkan bayi cacat dan autis. Perlu diperhatikan karena dapat terdapat pada beberapa jenis ikan, terutama yang berukuran besar seperti hiu, mackerel, ikan marlin.

Makanan olahan
Contohnya adalah Junk food, keju olahan/soft cheese. Tidak adanya zat gizi yang berguna bagi calon janin

Jenis makanan lainnya
-Makanan dengan pengawet antara lain makanan kaleng seperti sarden, makarel, dll.
-Minuman berkafein (kopi, dll) karena dapat menurunkan produksi sperma
-Rokok dan alcohol, yang satu ini berpotensi merusak kualitas sperma, sehingga sperma tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini berpengaruh pada kemampuannya mencapai sel telur.

Semua zat gizi diatas bisa terpenuhi asal kita melaksanakan salah satu pedoman gizi seimbang yaitu makan aneka ragam. Dengan makan aneka ragam dengan jumlah sesuai, bisa dipastikan semua kebutuhan gizi akan terpenuhi termasuk yang mendukung proses pembuahan. Perlu diingat bahwa tidak ada makanan yang mengandung zat gizi lengkap, sedangkan tubuh kita setiap hari memerlukan bermacam zat gizi untuk berfungsi secara optimal. So, jangan lupa untuk selalu makan beraneka ragam, tapi tentunya yang baik dan dianjurkan lho, bukan makan semuanya :)  apalagi semaunya, hehe..

Sumber : Gerakan Sadar Gizi

Posted from WordPress for Android

Komentar»

1. Aa Ikhwan - Juni 7, 2012

Sip ajiib cocok… Dan jangan lp berdo’a😀
nice info

gafuri46 - Juni 9, 2012

yup bener banget..

2. frontdiskbrake - Juni 14, 2012

Selain makan makanan sehat, jangan dilupa bercintanya

gafuri46 - Juni 15, 2012

Haha.. Bener banget bro..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: