jump to navigation

12 Tips Sehat Kala Berpuasa.. (part 1) Juni 29, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , ,
trackback

image

Menjalankan ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim. Puasa merupakan ibadah yang memerlukan kesiapan fisik dan mental yang prima betapa tidak selain adanya pembatasan jam waktu makan dan minum, secara psikologis kita juga harus mampu mengendalikan berbagai nafsu negative seperti menghindari amarah,kebencian, prasangka buruk dll.

Dari aspek gizi puasa merupakan salah satu metode pengaturan makan atau diet yang paling sempurna di dunia ini karena itu tidak heran jika hikmah atau manfaat puasa sangat banyak dan luar biasa. Kenapa puasa menjadi metode diet yang luar biasa karena
selain mengatur cara makan dan minum juga melibatkan factor psikologis sehingga produksi berbagai zat-zat kimia tubuh seperti ko enzim, enzim serta hormone dalam kondisi yang ideal sehingga memungkinkan metabolisme tubuh dalam kondisi top performance yang berdampak pada kebugaran tubuh kita. Lantas bagaimana memadukan antara aktifitas ibadah sekaligus mendapatkan manfaat bagi kesehatan kita, dibawah ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Persiapkan psikologis anda untuk melaksanakan ibadah puasa.
Dengan modal psikologis yang baik dan siap kita akan dapat melaksanakan ibadah puasa dengan senang dan ikhlas. Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah mengendalikan sekaligus mengatur emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah . Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kitatumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

2. Jangan Tinggalkan Sahur
Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Ramadhan yang sangat disarankan, dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”. Kenapa sahur penting
bagi kita yang menjalankan puasa?, Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup.
Perlu diketahui bahwa setiap hari tubuh kita memerlukan lebih dari 50 jenis zat gizi. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan asin. Jangan lupa menu harus seimbang zat gizinya artinya harus cukup sumber zat tenaga, zat pembangun serta zat pengatur termasuk cairan. Kebutuhan minum minimal sehari adalah 2 liter.
Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat Anda cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Makanan yang asin akan membuat tubuh kita boros air (cairan), kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi yang berakibat kelelahan dan lemas. Selain itu hindari minuman yang bersifat diuritik artinya minuman yang merangsang kita sering kencing seperti teh dan kopi.

3. Akhirkan waktu Sahur.
Sebaiknya jika sahur dilakukan menjelang imsyak jadi pasokan makanan dan zat gizi kita akan lebih tahan lama sehingga ketika siang hari tidak akan merasa cepat lapar dan lemas.

4. Jangan tidur setelah sahur.
Kebiasaan yang kurang baik sering kita lakukan adalah tidur setelah sahur bahkan sholat subuh jadi kesiangan. Tidur stelah sahur sangat tidak dianjurkan karena membuat badan menjadi lesu dan bau mulut juga tidak enak, oleh sebab itu akhirkan sahur mendekati waktu imsyak agar stelah sahur dapat siap-siap ke masjid untuk sholat shubuh.

5. Cukup Tidur minimal 5 jam .
Agar dapat cukup tidur sebaiknya tidur tidak terlalu larut malam stelah sholat Isya dan Tarawih dilanjutkan Tadarus sebaiknya segera tidur jadi ketika 1/3 malam terakhir dapat bangun dengan badan segar dan ibadah bisa kita laksanakan dengan semangat baik sholat tahajud maupun tadarus Al-Qur-an.

Sumber Gerakan Sadar Gizi

Tips selanjutnya bisa dibaca di sini

Posted from WordPress for Android

Komentar»

1. Gogo - Juni 29, 2012

siiipp. 2 mngg lagi bs dipraktekan😀

gafuri46 - Juni 30, 2012

Yup bener bgt bro..

2. kharis27 - Juni 30, 2012

sip, jangan tinggalkan sahur dan berbuka puasa hehe

3. Ganzimaru - Juni 30, 2012

Gag terasa bentar lagi udah bulan puasa ya😀
Paling gag enak kalo telat sahur:mrgreen:

4. 12 Tips Sehat Kala Berpuasa.. (Part 2) « Gafuri46 - Juni 30, 2012

[…] 5 tips dari 12 tips supaya tetap sehat selama berpuasa, kelima tips tersebut bisa dibaca di sini. Tips selanjutnya adalah sebagai berikut […]

5. Nofgi - Juli 2, 2012

Mantab infonya …
Buat persiapan pusa nih …

http://nofgipiston.wordpress.com/2012/07/02/apa-fungsi-motormu/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: