jump to navigation

12 Tips Sehat Kala Berpuasa.. (Part 2) Juni 30, 2012

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: , ,
trackback

image

Sebelumnya telah disebutkan 5 tips dari 12 tips supaya tetap sehat selama berpuasa, kelima tips tersebut bisa dibaca di sini. Tips selanjutnya adalah sebagai berikut :

6. Segerakan berbuka puasa jika waktunya tiba.
Jika waktu berbuka telah tiba jangan menunda-nunda untuk berbuka puasa. Pada saat puasa kita tidak melalukan aktifitas makan dan minum kurang lebih 12–14 jam, selama itulah tubuh kita tidak mendapatkan pasokan zat-zat gizi. Keadaan tersebut sangat berpengaruh terhadap alat-alat cerna serta proses metabolisme tubuh kita pemilihan bahan makanan dan cara berbuka yang tepat menjadi kunci kebugaran kita waktu-waktu selanjutnya.

7. Buka puasa dengan air putih usahakan dengan suhu hangat bukan air es atau es.
Sumber air minum untuk berbuka puasa yang paling baik adalah air putih dan tidak dingin, perlu diketahui alat cerna kita yang telah istirahat selama kurang lebih 14 jam perlu kita jaga kebugarannya dengan memilih minuman dan makanan yang tidak terlalu merangsang.

8. Makanan yang dipilih untuk buka puasa pilih Karbohidrat kompleks
Contoh makanan karbohidrat kompleks seperti buah Kurma, jika anda ingin yang manis-manis pilih sumber bahan makanan dari buah-buahan seperti semangka, melon dan lainnya. Jika minum teh atau yang lainnya jika ingin manis lebih baik gunakan madu, karena komposisi madu . Nabi Besar Muhammad SAW menggunakan kurma. Kurma adalah buah yang memiliki karakter baik, mengandung tidak hanya fruktosa, akan tetapi juga mengandung vitamin dan mineral yang akan membuat gula darah stabil, dan asam amino yang akan segera memulai proses pemulihan tubuh. Makanan yang mengandung gula pasir, karbohidrat sederhana seperti nasi, mi instant, akan menyebabkan gula darah cepat naik, dan cepat turun. Akibatnya saat tarawih akan sangat mengantuk. Berbuka puasa dengan mengkonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang mengandung gula pasir akan menyebabkan tubuh manusia seperti sedang melakukan diet yoyo. Tubuh seperti disisiksa, dan pada saat lebaran, secara almiah tubuh kita akan melakukan kompensasi. Makan gila-gilaan, yang berakibat justru tubuh menjadi lebih gemuk setiap selesai Hari Raya.

9. Makan besar sebaiknya setelah sholat magrib. Biasanya begitu mendengar bedug magrib, tanpa tunggu lagi kita langsung menyantap habis hidangan yang disediakan diatas meja. Ini bukanlah pola yang bagus untuk kesehatan, setelah seharian perut kita tak terisi dan organ cerna beristirahat, sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar.Menu makanan harus seimbang berisi sumber zat tenaga, zat pembangun, zat pengatur jangan lupa cukupi serat dan air minum.

10. Yang penting lagi Makan jangan sampai kenyang apalagi kekenyangan.
Jangan sampai buka puasa sebagai ajang balas dendam karena siang hari tidak makan dan minum
Ingat sebaiknya setiap makan kita harus mampu mengendalikan diri dengan baik. Komposisi dalam perut 1/3 makanan, 1/3 air dan 1/3 udara perlu dipertahankan. Indikator yang bisa dipakai adalah berhenti makan sebelum kenyang.

11. Jaga pasokan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.
Caranya, minum air putih sesering mungkin setelah berbuka hingga menjelang sahur. Ingat! Tubuh membutuhkan paling tidak (minimal) 2 liter air atau setara 8 gelas sehari.

12. Tetap lakukan aktifitas fisik.
Aktifitas fisik akan merangsang keluarnya hormon antiinsulin yang berfungsi untuk melepas gula darah dari pabriknya. Sebaliknya, kalau kurang gerak, tubuh terasa lemas akibat kadar gula dibiarkan menurun drastis. Ini bisa membuat tubuh limbung dan ada kalanya jatuh pingsan. Ingat sejarah para sahabat Nabi meski puasa tetap berperang dengan semangat bahkan memperoleh hasil yang gemilang.

Semoga dengan menjalankan tips diatas kita akan mendapatkan keuntungan ganda, lahir baru secara rohani dan lahir baru secara jasmani. Tubuh menjadi ramping dan bugar, jauh dari berbagai penyakit

Selamat menjalankan Ibadah puasa.

Sumber Gerakan Sadar Gizi
Sumber pict disini

Posted from WordPress for Android

Komentar»

1. 12 Tips Sehat Kala Berpuasa.. (part 1) « Gafuri46 - Juni 30, 2012

[…] Tips selanjutnya bisa dibaca di sini […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: