jump to navigation

TAMBAHAN REKOMENDASI PESAN GIZI SEIMBANG 2012 TENTANG FRUKTOSA Januari 3, 2013

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags:
trackback

Dalam WNPG (Widya Karya Pangan dan Gizi) tahun 2012 mengusulkan beberapa rekomendasi untuk menyempurnakan Pesan Gizi Seimbang (PGS) dalam upaya mencegah berbagai masalaah gizi dan kesehatan. Salah satu rekomendasi pesan yang diusulkan adalah “Batasi gula terutama gula tambahan seperti makanan dan minuman padat fruktosa misalnya HFCS”.

Fruktosa menjadi isu penting dan dimasukkan sebagai salah satu pesan PGS karena dalam berbagai penelitian terakhir menunjukkan bahwa fruktosa berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Fruktosa adalah salah satu gula utama dari buah-buahan, yang lainnya adalah sukrosa dan glukosa. Tetapi fruktosa yang ditemukan dalam makanan olahan sering kali berbeda dengan alur logika kita. Produsen pemanis makanan yang berasal dari sirup jagung tinggi fruktosa (HFCS) ternyata bukan bersumber dari buah-buahan. Pemanis tersebut merupakan sebuah campuran yang diproses jagung, yang seringkali merupakan hasil dimodifikasi secara genetik dalam budidaya tanaman jagung.

Karakteristik fruktosa strukturnya sama dengan glukosa (C6H12O6), Metabolisme berbeda dengan glukosa, tidak menekan pusat lapar, hampir semuanya diekskresikan oleh hati, dikonversi dengan cepat oleh hati menjadi glukosa, glikogen, laktat dan lemak, Berpotensi besar menginduksi terjadinya resistensi insulin. Mengetahui karakteristik dari fruktosa diatas maka bisa dipahami bahwa fruktosa menimbulkan masalah kesehatan karena dengan tidak adanya efek untuk menekan pusat lapar maka meskipun kita makan banyak tidak merasa kenyang dan lebih parah lagi ternyata fruktosa berpotensi menginduksi resistensi insulin yang dapat memicu terjadinya sindroma metabolik yang pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai penyakit semacam Diabets melitus.

Cara terbaik untuk mengurangi HFCS dan gula tambahan lainnya dalam diet Anda adalah memeriksa produk yang Anda konsumsi dan melihat pada label. Gula yang tercantum pada label bahan sebagai HFCS, fruktosa, sukrosa, glukosa, sirup jagung, konsentrat sari buah, madu pemanis jagung, dan dekstrosa. Batasi asupan pemanis tersebut dan cobalah untuk mendapatkan rasa manis Anda dari buah utuh sebagai gantinya. Tidak hanya Anda mendapatkan gula alami dengan cara ini, Anda juga mendapatkan serat yang sangat dibutuhkan tubuh serta mendapatkan antioksidan……………..Salam Sadar Gizi.

Sumber gerakan sadar gizi

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: