jump to navigation

NIKMATNYA BUAH KALANGKALA Januari 5, 2013

Posted by gafuri46 in buah2an.
Tags:
trackback

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang salah satu buah khas dari borneo yaitu buah kalangkala. Menurut sumber yg saya baca, nama latin buah ini adalah Latsea Sebifera. Kulit dari buah kalangkala ini untuk yang mentah berwarna hijau, sedangkan yang masak berwarna merah muda. Daging buahnya sendiri berwarna putih dengan biji bulat yang berwarna coklat.

Bagi sebagian masyarakat didaerah saya (kalsel), buah ini merupakan salah satu lauk favorit. Buah yang dijadikan lauk adalah buah yang sudah masak ataupun sudah cukup tua. Untuk yang sudah masak (berwarna merah muda) bisa langsung diolah menjadi lauk. Caranya cukup direndam dengan air panas selama satu jam, setelah itu tiriskan dan taburi sedikit garam, maka kalangkala siap disantap. Sedangkan untuk yang belum masak tapi cukup tua (berwarna hijau), biasa didiamkan dulu selama 1 atau 2 hari, dan ketika warnanya sudah sedikit kemerahan, tandanya buah ini sudah bisa diolah. Cara mengolahnya sama saja dengan yang masak yaitu direndam dengan air panas lalu ditaburi garam. Selain itu adapula yang menambahkan irisan bawang merah, bawang putih, atau pun irisan buah asam untuk menambah kelezatan lauk ini.

Untuk rasa, buah kalangkala yg sudah siap disantap ini rasanya manis, agak gurih, kalau kata orang sih mirip rasa alpukat. Tekstur daging buahnya sendiri lunak, sedangkan kulit buahnya agak keras namun tetap bisa dimakan. Kalangkala biasanya disajikan bersama nasi putih, bersama ikan asin akan semakin menambah nikmat sajian ini. Saya sendiri sangat menikmati setiap menyantap buah ini. Mungkin kalau kata pa bondan sih ‘mak nyus’, kalau kata kita ‘nyaman banaar’, heehee..

Last.. Jika anda jalan-jalan ke kalimantan jangan lupa mencoba buah yang satu ini. Tapi perlu diingat buah ini buah musiman, jadi hanya ada pada waktu tertentu. Semoga berguna..

Komentar»

1. vixy182 - Januari 13, 2013

kawan kada tahu makn ne pas besayur.. di kira nya hintalu..ha3

gafuri46 - Januari 14, 2013

Hintalu rasa alpukat, haha..

2. Jambul - Maret 7, 2013

Lha nek sing iki aku rung tau mangan blass (Kalu nang ini ulun balum parnah makan.).. Nyamankah…??? Minta pang, kirimakan lewat emailah. ulun hadangi nah..


Tinggalkan komentar