jump to navigation

OLAH RAGA BEKALI MINUM AIR KELAPA MUDA Januari 5, 2013

Posted by gafuri46 in gizi.
Tags: ,
trackback

Banyak diantara kita ketika olah raga membawa bekal minuman sport drink ataupun energy drink padahal jika tahu lebih baik anda pilih Kelapa muda. Buah kelapa sangat mudah ditemukan di Indonesia apalagi daerah pedesaan, air kelapa sudah sangat terkenal menjadi minuman segar dan menyehatkan karena banyak mengandung elektrolit yang sangat diperlukan tubuh.

Hasil analisis menunjukkan bahwa air kelapa tua ternyata sangat bergizi terdiri atas air sebanyak 91,23 %, protein 0,29 %, lemak 0,15 %, karbohidrat 7,27 % dan abu 1,06 %. Air kelapa juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Sedangkan dalam air kelapa muda kandungannya adalah air sebanyak 95,5 %, protein 0,1 %, lemak kurang dari 0,1 %, karbohidrat 4 %, dan abu 0,4 %. Air kelapa muda juga mengandung vitamin C dan vitamin B komplek yang terdiri atas asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, asam folat, vitamin B1 dan sedikit piridoksin. Air kelapa muda juga mengandung sejumlah mineral antara lain kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, dan sulfur.

Dengan melihat kandungan air kelapa tersebut maka tidak heran jika air kelapa memang dapat diandalkan sebagai minuman yang menyehatkan terutama untuk rehidrasi cairan tubuh kita. Hasil penelitian yang dilakukan Lysminiar 2012 menunjukkan air kelapa memiliki Indeks Rehidrasi yang lebih baik dibandingkan dengan sport drink atau minuman penambah stamina. Indeks Rehidrasi adalah indikator banyaknya cairan rehidrasi yang diberikan yang dipergunakan oleh tubuh.

Untuk Rehidrasi pilihlah kelapa muda karena lebih efektif dan lebih cepat memperbaiki dehidrasi.Kenapa air kelapa muda lebih baik untuk rehidrasi dari kelapa tua karena pada air kelapa muda kadar Kaliumnya lebih tinggi dan Natriumnya lebih rendah, semakin tua kelapa maka kadar Kalium semakin rendah dan kadar Natriumnya semakin naik. Kelebihan lain adalah memiliki rasa lebih lezat dan mudah ditoleransi lambung sehingga air kelapa muda dapat diminum dalam jumlah cukup banyak. Menurut Mortin Satin, Kepala Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurusi Pangan dan Pertanian, air kelapa adalah minuman yang mengandung kalium tinggi dan sebaliknya mengandung natrium lebih rendah bila dibandingkan sport drink dan energy drink…… Semoga bermanfaat.. Salam SADAR GIZI.

Sumber gerakan sadar gizi

Komentar»

1. Aa Ikhwan - Januari 7, 2013

sip ajib,..nice info

gafuri46 - Januari 14, 2013

Seepp..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: